Settia

F-16 Siap Back Up Kapal Perang AL di Natuna

EDITOR.ID, Pekanbaru,- Belasan unit Jet Tempur F-16 Fighting Falcon milik jajaran Angkatan Udara (TNI AU) yang bermarkas di Lanud Roesmin Nuryadin Pekanbaru, Riau, kini juga disiagakan siap tempur untuk mendukung Kapal Perang Angkatan Laut RI yang sedang berpatroli di perairan Natuna. Kapan saja dibutuhkan, pesawat tempur tersebut siap mengudara.

Pesawat-pesawat ini tergabung di Skuadron 12 dan 16 yang bermarkas di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin di Pekanbaru. Pesawat tempur di kedua skuandron itu dalam kondisi siaga mengantisipasi berbagai kemungkinan menyusul eskalasi di perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau dengan Tiongkok.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka di Pekanbaru, mengatakan dua skadron (skuadron) tempur 16 dan 12 siap untuk melaksanakan tugas pertahanan jika diperintah oleh Panglima TNI.

“Kami sudah siaga, tetapi pergerakan menunggu perintah dari Panglima (TNI),” kata Ronny seperti dilansir dari Antara, Senin (6/1/2020)

Hingga kini, dia mengatakan belum ada permintaan pengerahan jet tempur F-16 maupun Hawk 100/200 yang memperkuat pangkalan militer terlengkap di wilayah barat Indonesia tersebut.

Dia juga menuturkan tidak ada peningkatan aktivitas patroli di kawasan perbatasan dengan meningkatnya ketegangan di wilayah laut Natuna. “Kami masih standby. Patroli juga masih seperti biasa, landai saja,” ujarnya lagi.

Tensi hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Tiongkok dalam beberapa hari terakhir memanas lantaran sejumlah kapal Tiongkok masih bertahan di Perairan Natuna.

Kapal-kapal asing tersebut bersikukuh melakukan penangkapan ikan yang berjarak sekitar 130 mil dari perairan Ranai, Natuna.

Sementara TNI AL sudah mengerahkan sejumlah Kapal perang KRI untuk pengamanan Perairan Natuna. (ant)

Whitelist Media Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *