Settia

Di Rakernas, Puluhan Kader PAN Ajukan Ganjar Jadi Calon Presiden

Kader PAN yang juga relawan pendukung Ganjar Pranowo itu mendesak peserta Rakernas agar partai ini membulatkan tekad untuk mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

Jakarta, EDITOR.ID,- Puluhan kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang tergabung dalam Relawan Ganjar Biru Indonesia (RGBI) mendadak muncul dan membawa spanduk di acara rapat kerja nasional (Rakernas) partai berlambang Matahari Biru di Jakarta, Sabtu (27/8/2022)

Kader PAN yang juga relawan pendukung Ganjar Pranowo itu mendesak peserta Rakernas agar partai ini membulatkan tekad untuk mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

“Kami kader PAN yang mendukung salah satu kandidat, yaitu Pak Ganjar Pranowo,” kata Ketua Relawan Ganjar Pranowo Heru Subagia.

Relawan Ganjar yang hadir berasal dari dua kelompok, yaitu Relawan Ganjar Pranowo dan Relawan Ganjar Biru Indonesia 2024. Berkumpul di depan pintu ruang rapat. Enam orang relawan membentangkan spanduk dukungan dengan foto Ganjar dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Mereka berharap jagoannya itu didukung PAN di Pilpres 2024.

Seorang perempuan anggota relawan mengajak kader PAN yang lewat saat jam makan siang untuk bergabung mendukung Ganjar. Relawan lainnya sibuk mengibar-kibarkan bendera.

Heru Subagia yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah PAN Cirebon mengatakan telah meminta izin kepada pengurus PAN untuk menggelar kampanye Ganjar.

Heru berharap Rakernas PAN akan memutuskan mengusung Ganjar menjadi capres. “Kami harap Ganjar akan diusung,” ujar dia.

Ketua RGBI Mansurya Manik mengatakan, sejak awal kader-kader PAN yang tergabung di RGBI menyatakan dukungannya pada Ganjar.

“Jadi hari ini kita berharap dalam Rakernas ini Ganjar Pranowo masuk dan kita kawal terus setelah ini selesai,” kata Mansurya Manik di arena Rakernas PAN di Jakarta.

Mansurya bersama Ketua DPD Kabupaten Cirebon Heru Subagja tampak membentangkan banner yang menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai bakal calon Presiden 2024 di sela-sela acara Rakernas PAN.

Heru juga sempat meneriakkan dengan lantang dukungannya pada Ganjar.

“Ganjar Pranowo for presiden 2024,” katanya.

Ketika ditanya bagaimana jika Ganjar tidak terpilih sebagai Capres yang diusung PAN, Mansurya menjawab hal tersebut menunjukkan perbedaan pandangan RGBI dan Ketua Umum.

Meski demikian, ia yakin Ketua Umumnya sangat paham pada aspirasi anggota.

“Ini berarti kita beda pandangan dengan ketum. Tapi kita yakin ketum sangat paham betul aspirasi di tingkat bawah. Beliau sangat mengapresiasi itu,” ujar Mansurya.

Lebih lanjut, Mansurya menjelaskan deklarasi relawan Ganjar Pranowo sudah dicanangkan sejak 2021 di Cirebon.

Leave a Reply