Settia

Bu Khofifah Sambangi Uji Coba Belajar Tatap Muka

EDITOR.ID – Probolinggo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi meninjau uji coba kegiatan belajar mengajar tatap muka secara terbatas di SMK Negeri 2 dan SMA Negeri 2 di Kota Probolinggo, Selasa (18/8/2020).

Sekolah pertama yang ditinjau rombongan Gubernur Jatim yakni di SMKN 2 Kota Probolinggo yang disambut Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, Wakil Wali Kota Probolinggo Mochammad Soufis Subri, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo, Kepala Kemenag Mufi Imron Rosyadi, dan Kepala SMKN 2 Warnoto.

“Uji coba pembelajaran tatap muka terbatas itu sebanyak sembilan orang siswa, kemudian dilakukan protokol kesehatan seperti check point pada saat siswa tiba di sekolah,” kata Khofifah di Kota Probolinggo.

Apabila diketahui suhu tubuh siswa mencapai 37,3 derajat Celcius, siswa tidak boleh masuk sekolah, kemudian kedatangan siswa dibuat per sif dan pembelajaran berakhir setelah empat jam.

“Itulah yang disebut uji coba belajar mengajar tatap muka langsung secara bertahap dan uji coba itu baru bisa dilakukan atas persetujuan bupati atau wali kota,” tuturnya.

Kedatangan Gubernur Jatim dan Kepala Dinas Pendidikan Jatim bersama Wali Kota Habib Hadi untuk memastikan bahwa Kota Probolinggo dilakukan KBM tatap muka secara bertahap.

“SMKN merupakan sekolah yang pembelajarannya banyak mengaplikasikan antara teori dengan praktik sehingga tidak cocok pembelajarannya secara daring. Maka kami pilih uji coba belajar mengajar tatap muka langsung secara bertahap di sekolah itu,” katanya.

Khofifah menjelaskan setiap siswa hanya dapat mengikuti sekolah tatap muka dua kali dalam sepekan dan penerapan sekolah tatap muka harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat dengan jumlah siswa dibatasi dan waktunya diatur, sehingga semua siswa bisa mendapatkan materi pelajaran secara tatap muka.

Selama melakukan kunjungan di SMKN 2 dan SMAN 2 Kota Probolinggo, Khofifah memberikan semangat kepada siswa, agar tetap semangat belajar dan memberikan suvenir kepada siswa yang melakukan pembelajaran tatap muka terbatas itu, serta menyerahkan bantuan 2.000 masker kain dan 500 pelindung wajah.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengapresiasi kunjungan kerja Gubernur Khofifah ke sejumlah sekolah yang melakukan uji coba KBM tatap muka di daerah itu.

“Beberapa waktu lalu dilakukan polling wali murid atas kesediaan anak mereka untuk dilakukan pembelajaran dalam jaringan atau luar jaringan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *