Settia

Corona Belum Reda Kini Muncul Hantavirus, Satu Warga Tewas Terinfeksi

EDITOR, Jakarta, – Dalam cuitan baru akun Global Times dilaporkan seseorang dari warga Provinsi Yunan meninggal dunia ketika dalam perjalanan pulang ke provinsi Shandong.

Ia biasa berangkat bekerja dengan bus sewaan pada Hari Senin (20/03/20), setelah di tes dinyatakan Terinfeksi Hantavirus. Saat ini, semua penumpang berbarengan dilakukan tes tersebut.

Memang Tiongkok baru mereda dari Wabah Virus Corona namun hantaman Virus baru mungkin terjadi.

Infeksi dengan Hantavirus apapun dapat menghasilkan penyakit Hantavirus pada manusia. Hantavirus di Amerika Serikat dikenal sebagai hantavirus “New World” dan mampu menyebabkan Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS).

Definisi Hantavirus adalah keluarga virus yang menyebar terutama tikus dan virus ini mampu menyebabkan beragam sindrom penyakit pada orang di seluruh dunia (pandemi baru) serta bisa memicu berbagai penyakit di tubuh manusia.

Setiap stereotipe hantavirus memiliki spesies inang hewan pengerat spesifik. Virus ini disebarkan manusia melalui virus aerosol yang ditumpahkan dalam urine, tinja dan air liur serta gigitan dari inang yang terinfeksi.

Hantavirus paling penting di Amerika Serikat yang dapat menyebabkan HPS adalah virus Sin Nombre dengan penyebaran oleh tikus rusa.

Waktu inkubasi virus ini tidak diketahui secara pasti karena baru sedikit jumlah kasus HPS ini.

Namun berdasarkan informasi yang terbatas, tampak bahwa gejala dapat berkembang antar 1 dan 8 minggu setelah terpapar Urine segar, kotoran atau air liur sang tikus yg Terinfeksi. (Meika Ardhianto).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *