Settia

Baliho Puti Terpampang, Sinyal Maju Pilkada Surabaya?

EDITOR.ID, Surabaya,- Dukungan warga Surabaya memunculkan sosok Puti Guntur Soekarnoputri dalam bursa calon Walikota Surabaya kian terang-terangan. Terbukti baliho Cucu Bung Karno ini mulai terlihat bermunculan di sejumlah lokasi di Surabaya. Salah satunya ada di Jalan Manyar Kertoarjo.

Baliho tersebut bertuliskan Puti Guntur Soekarnoputri Mengabdi Untuk Surabaya dan didominasi warna merah dan putih dengan foto Puti Guntur Soekarnoputri mengenakan kerudung merah.

Walaupun Puti Guntur Soekarnoputri memang berasal dari Dapil Surabaya-Sidoarjo, baliho ini cukup menarik perhatian.

Munculnya baliho putri dari putra sulung Guntur Soekarnoputri tersebut di Surabaya ditengarai banyak pihak sebagai pemanasan jelang Pilkada Surabaya 2020.

Menurut sejumlah sumber yang terpercaya, munculnya nama anggota DPR RI Dapil Surabaya-Sidoarjo ini sebagai salah satu kandidat Pilwali Surabaya disebut-sebut berpeluang mendapatkan rekomendasi dari PDI Perjuangan untuk maju sebagai suksesor Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Sebab keponakan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri tersebut konon sudah meraih dukungan dari basis massa dan diyakini akan mampu mempersatukan kepentingan yang konon terkotak-kotak di internal partai.

Puti Guntur Soekarnoputri (ist)

Di media sosial juga mulai bermunculan foto-foto Mbak Puti, sapaan akrab Puti Guntur Soekarnoputri dipasangkan dengan beberapa figur yang juga dikabarkan akan maju dalam Pilkada Surabaya 2020. Mulai dari kader Partai Golkar Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), hingga Kepala Bappeko Surabaya, Eri Cahyadi.

Tak hanya balihonya yang muncul di sejumlah lokasi, namun di media sosial isu Puti akan maju dalam Pilkada Surabaya 2020 juga menjadi perbincangan hangat.

Menanggapi massifnya arus bawah menyuarakan nama Puti, Wakabid Bappilu DPC PDIP Kota Surabaya, Wimbo Ernanto, menegaskan, hingga saat ini rekomendasi PDIP untuk Pilkada Surabaya 2020 belum turun.

“Belum ada perkembangan, masih menunggu rekomendasi dari pusat (DPP PDIP),” ucap Wimbo Ernanto, Sabtu (29/2/2020).

Wimbo Ernanto juga memastikan, DPC PDIP Kota Surabaya tidak mengetahui perihal pemasangan baliho Puti Guntur Soekarno di Jalan Manyar Kertoarjo.

“Tidak tahu, yang pasti bukan DPC, kami belum berani sebelum mendapatkan instruksi,” lanjutnya.

Lebih lanjut, terkait koalisi, Wimbo Ernanto mengatakan, PDIP membuka komunikasi dengan semua partai politik di Surabaya.

Namun yang pasti, PDIP Surabaya akan memperkuat komunikasi dan koalisi dengan rakyat.

Di beberapa kesempatan, Cucu Presiden pertama RI, Bung Karno ini selalu menegaskan sebagai petugas partai, semua kader PDIP harus siap mengawal instruksi partai termasuk jika ditugaskan untuk maju dalam Pilkada Surabaya 2020.

“Kalau ditanya siapa, saya kembali ke penugasan partai, PDIP punya kader-kader terbaiknya, tinggal rekomendasi saja,” ujar Puti, akhir 2019 lalu. (dik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *