Settia

Amien Rais Terlempar, Ini Daftar Pengurus PAN 2020-2025

Tokoh senior PAn Hatta Rajasa (kedua dari kiri) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. ANTARA/Jojo

EDITOR.ID, Jakarta,- Dedengkot politik di tubuh Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais secara mengejutkan terlempar dari jajaran pengurus partai yang baru 2020-2025. Akankah ini akhir dari perjalanan politik tokoh yang lahir di era reformasi itu?

Partai Amanat Nasional mengumumkan susunan kepengurusan PAN 2020-2025, Rabu (25/3), di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan. Namun nama Amien Rais menghilang dari jajaran pengurus. Meski “membuang” Amien, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan terpilih masih tetap memberikan jabatan pengurus pada putranya Amien Rais, Hanafi Rais.

Bahkan Hanafi Rais ini merupakan pesaingnya dalam pemilihan Paket Ketua Umum-Sekjen dalam Kongres PAN di Sulawesi Barat yang lalu.

Dalam kepengurusan PAN 2020-2025, Zulkifli Hasan juga memasukkan nama sejumlah artis seperti Denada dan Desi Ratnasari. Zulkifli juga memasukkan mantan politisi PDI Perjuangan Noviantika Nasution.

Kepengurusan ini merupakan hasil Kongres PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, yang kemudian telah didaftarkan dan terdaftar di Kemenkumham. Pengumuman disampaikan langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan disiarkan secara langsung melalui media sosial Facebook PAN.

Zulkifli mengatakan PAN memilih mengumumkan lewat media, dan membatalkan pelantikan yang sedianya akan digelar bersamaan dengan rapat kerja nasional (rakernas) I, karena wabah corona.

“Kami mengikuti imbauan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan juga melihat musibah bersama, oleh karena itu PAN memutuskan kami hanya sampaikan menyampaikan pengumuman pengurus melalui media. Jadi, acara pelantikan, rakernas kami tunda sampai waktu yang belum ditentukan,” kata Zulkifli didampingi beberapa pengurus PAN.

Zulkifli menyatakan sebenarnya PAN sudah menyiapkan acara pelantikan sekaligus rakernas, bahkan Presiden Joko Widodo juga sudah diundang dan akan bersedia hadir.

Namun, Zulkifli mengatakan karena persoalan corona, pelantikan dan rakernas itu ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

“Kami patuh, kami ikut, kami fokus untuk menghadapi Covid-19. Kami tunda rakernas dan pelantikan pengurus sampai waktu yang belum ditentukan,” ujarnya.

Dalam struktur baru kepengurusan PAN 2020-2025, Amien Rais tak lagi dipilih menjadi Ketua Dewan Kehormatan. Posisi ini kini dijabat oleh Sutrisno Bachir. Mas Tris, demikian akrab sapaan Sutrisno didampingi sekretaris Wanhor PAN Sunartoyo.

Berikut susunan lengkap Pengurus PAN 2020-2025 :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *