Settia

Amien Rais Tak Akan Ganggu dan Jamin Jokowi Aman Sampai 2024

EDITOR.ID, Jakarta,- Dedengkot Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyatakan partainya menjamin pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan berlangsung selama 5 tahun sampai tahun 2024. Partainya tidak akan merecoki dan menganggu pemerintahan Jokowi.

Pernyataan ini merupakan sejumlah pesan yang diungkapkan Amien Rais selaku pendiri PAN menjelang Kongres partai ini pada 2020.

Politisi kawakan ini juga menambahkan bahwa PAN akan melindungi dan menentang jika ada yang ingin mengganti Jokowi di tengah jalan.

Namun, mantan pakar politik UGM ini mengharapkan tidak adanya “kekuatan luar” yang “menganggu” dan mengobok-obok partainya. Ia merasa khawatir dan takut adanya kekuatan luar.

Oleh karena itu Amien Rais berpesan kepada kader PAN sebaiknya semua calon ketua umum nantinya tidak melibatkan orang dari luar karena dikhawatirkan hal tersebut dapat menghancurkan PAN. Untuk itu, ia mengingatkan semuanya untuk menjaga kesolidan partai.

“Yang kedua jangan pernah melibatkan kekuatan dari luar. Pihak luar itu punya kepentingan untuk menghancurkan PAN dari dalam. Jadi hati-hati, ya. Jangan sampai ada oknum yang mencoba melibatkan kekuatan dari luar karena itu destruktif pada PAN,” ujar Amien usai ia menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) III DPW PAN Jawa Timur di Hotel Shangri La Surabaya, Minggu (12/1/2020).

Sejumlah pesan Amien Rais ini ditujukan kepada para kandidat yang masuk bursa ketua umum.

“Pertama, kalau mau pertandingan itu pertandingan persahabatan. Itu di boxing kadang sampai berdarah-darah tapi akhirnya rangkulan. Dan juga UFC banting-bantingan tapi ada sportmenship atau sportivitas,” tutur Amien.

Amien kemudian berpesan agar yang menang nantinya merangkul semua pihak. Tak hanya menyampaikan pesan untuk internal partai, ia juga mengingatkan Presiden Jokowi agar tenang. Menurutnya PAN tidak akan tergoda untuk melakukan huru-hara untuk melengserkan pemerintahannya.

“Yang ketiga, yang menang harus merangkul semua. Yang keempat, supaya Pak Jokowi tenang, PAN tidak akan pernah tergoda untuk melakukan huru-hara sampai-sampai Pak Jokowi tidak selesai sampai 2024,” sambung Amien.

“Jadi itu kebutuhan kita. Harus semua presiden 5 tahun utuh. Kalau dipilih lagi ya sudah, 5 tahun. Tidak ada di tengah jalan diturunkan. Karena itu bisa merusak,” katanya.

Praktek politik dinasti mewarnai bursa calon Ketua Umum PAN jelang Kongres partai ini di tahun 2020. Putra dari sang pendiri PAN Amien Rais, yakni Hanafi Rais berambisi masuk dalam bursa calon Ketua Umum PAN mewarisi sang ayahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *