Settia

Ahok Jadi Bintang di Global Energi Forum Abu Dhabi

Basuki Tjahja Purnama saat menjadi pembicara di “Atlantic Council Global Energy Forum 2020” yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab 11 Januari 2020, (Instagram/BasukiBtp)

EDITOR.ID, Jakarta,- Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok didapuk tampil sebagai pembicara dalam forum internasional bertajuk ‘Atlantic Council Global Energy Forum 2020’ yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab, 11 Januari lalu. Penampilan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) berhasil memukau para pakar dan praktisi energi se dunia.

Momentum itu ia bagikan dalam akun media sosial Instagram hari ini. Dalam kesempatan forum ini Ahok memamerkan keberhasilan Indonesia, khususnya Pertamina dalam berinovasi menemukan energi alernatif pengganti energi fosil yang tidak terbarukan.

Inovasi tersebut adalah program mandatori biodiesel (B30) yang sudah ia lakukan sejak akhir tahun 2019. Biodiesel B30 artinya solar yang dicampur dengan 30 persen fatty acid methyl ester (FAME), tujuannya untuk menekan impor migas yang masih defisit hingga saat ini.

Dirinya mengatakan PT Pertamina (Persero) sebagai perusahaan minyak nasional memiliki cita-cita untuk mewujudkan penyediaan energi berkelanjutan bagi semua masyarakat Indonesia.

“Salah satunya adalah dengan dengan mengutamakan komoditas sawit domestik sebagai bahan campuran bahan bakar yang bertujuan untuk menekan angka impor migas,” ungkapnya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, (11/01/2020) sebagaimana dikutip dari akun instagramnya @basukibtp.

Ahok menegaskan sebagai penghasil utama kelapa sawit Indonesia tidak perlu mengkhawatirkan keamanan pasokan bahan baku. “Pengembangan biofuel oleh Pertamina sudah berhasil mencapai campuran B30 dan sudah mulai diperjualbelikan secara umum di SPBU-SPBU Pertamina dengan nama biodiesel,” imbuhnya.

Melalui tiga foto yang ia bagikan, Ahok tampak berbicara di depan sejumlah peserta dari kalangan terbatas. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat duduk sambil memberikan penjelasan dengan busana setelan jas berwarna gelap.

Dalam keterangan fotonya, Ahok sempat menyebutkan cita-cita Pertamina ke depan. “Pertamina sebagai national oil company bercita-cita mewujudkan penyediaan energi berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Di akun Twiwtternya beliau menulis : Basuki T [email protected]_btp : Menjadi pembicara di “Atlantic Council Global Energy Forum 2020” yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab 11 Januari 2020, pada kesempatan tersebut saya sampaikan bahwa Pertamina sebagai national oil company bercita-cita untuk mewujudkan penyediaan energi berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *