Dewan Kesenian Jawa Timur Launching Aplikasi e-Katalog Seniman

Kepala Disbudpar Jawa Timur Sinarto, Saat Memberikan Sambutan dalam Launching Aplikasi e-Katalog Seniman DKJT

Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) adakan launching aplikasi e-Katalog Seniman yang diselenggarakan di Hotel Kampi, Surabaya, Selasa (14/12) siang.

Aplikasi e-Katalog Seniman ini berisi database seniman yang ada di seluruh Jawa Timur.

Mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jatim Sinarto, mengatakan aplikasi ini bisa memberikan keleluasaan kepada seniman untuk mengekspose karyanya

?E-katalog ini nanti hendaknya bisa memberikan suatu peluang kepada seniman Jawa Timur untuk bisa mengekspose baik dirinya maupun karyanya,? ujar Sinarto dalam sambutannya.

Sinarto menjelaskan Pemprov Jatim sudah melaksanakan berbagai agenda kebudayaan. Karena keterbatasan, Pemprov Jatim terbantu dengan adanya e-Katalog Seniman milik DKJT.

?Di Taman Budaya sudah ada galeri virtual. Pergelaraan-pagelaan, festival-festival (kebudayaan) juga sudah kita lakukan. Hanya saja kemampuan pemerintah memang tidak sangat banyak, sehingga ada keterbatasan,? terang Sinarto.

?Ketika DKJT menyelenggarakan ini (e-Katalog), tentunya provinsi sangat terbantu bagaimana menyelenggarakan kebudayaan menjadi inspirasi untuk membangun dan juga memberi peluang untuk seniman,? imbuhnya.

Sinarto berharap DKJT menjadi inisiator pembangunan dan akses pemajuan kebudayaan Jawa Timur. ?Inilah saya pikir, dewan kesenian sebagai motor bagian dari provinsi untuk bisa membangun suatu akses kemajuan kebudayaan, tentunya e-Katalog menjadi sangat penting,? tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presidium Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) Luhur Kayungga dalam sambutannya berharap seluruh stakeholder bisa bersinergi dalam kemajuan kesenian dan kebudayaan Jawa Timur.

?Ada bapak-bapak kepala dinas juga yang akan bisa bersinergi, sehingga untuk menunjang kemajuan kesenian dan kebudayaan di Jawa Timur, saya kira ini satu harapan yang besar,? ungkapnya.

?Harapan kami, kita semua harus melakukan dengan suatu kebersamaan dan untuk satu perhelatan dan kemajuan kesenian dan kebuyaan Jawa Timur,? imbuhnya.

Senada dengan Luhur, Koordinator Departemen Kerjasama dan Pemasaran DKJT Doddy Irawan mengajak seluruh pihak untuk berkontribusi agar kesenian dan kebudayaan di Jawa Timur tetap eksis di tengah pandemi.

?Saya Doddy Irawan dari Departemen Kerjasama dan Pemasaran ingin mengajak seluruh seniman bersama Dewan Kesenian Jawa Timur untuk bersama-sama memberikan kontribusi, konsep-konsep cerdas dan kreatif, sebagai usulan kepada Provinsi Jawa Timur agar mampu tetap eksis di tengah pandemi,? katanya.

Doddy berharap besar aplikasi ini bisa menginisiasi seniman dari kota hingga provinsi lain untuk lebih memajukan kesenian dan kebudayaan..

?Bahkan acara ini bisa menginisiasi kepada masyarakat, seniman, lembaga kesenian, pemerintah kota/kabupaten, sampai 34 provinsi di Indonesia, agar tetap mampu membawa seniman kepada arah kemajuan,? ungkapnya.

Di sesi terakhir acara, Ketua DKJT Taufik Hidayat Alias Taufik Monyong, menjelaskan aplikasi e-Katalog Seniman secara detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: