Program “Dermayu” Pertamina Untuk Pantai Tirta Ayu

EDITOR.ID, Indramayu – Sempat menjadi primadona, wisata Pantai Tirta Ayu kemudian hilang akibat abrasi. Tidak ada lagi wisatawan lokal maupun luar daerah yang berkunjung. Keadaan itu berlangsung cukup lama sehingga mematikan mata pencarian warga setempat. Prihatin dengan keadaan itu, PT.Pertamina (Persero) berusaha menghidupkan kembali destinasi wisata Pantai Tirta Ayu.

Melalui program Desa Wisata Pantai Tirta Ayu (Dermayu), Pertamina akan mengembalikan ikon wisata pantai kebanggaan masyarakat Indramayu itu. Langkah awal, akan dilakukan penghijauan kawasan Pantai Tirta Ayu melalui penanaman 2 ribu pohon cemara. Lainnya, akan dibangun sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Region III Eko Kristiawan mengatakan, pihaknya tergerak membantu mengembangkan potensi wisata dan penghijauan lingkungan di sekitar wilayah operasi Integrated Terminal Balongan. “Tahun 2020 ini merupakan tahap pertama pengembangan program DERMAYU. Kami fokus pada penghijauan melalui penanaman 2.000 pohon cemara disepanjang pesisir Pantai Tirta Ayu. Serta perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana dasar untuk lokasi wisata. Seperti pengadaan tempat sampah dan area bermain, yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan,” jelas dia, Jumat (20/11).

Dikatakan Eko, Pertamina melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), berkomitmen untuk terus mendukung pelestarian lingkungan dan mendorong kemandirian masyarakat di sekitar wilayah operasinya. Seperti di wilayah pesisir Balongan. Eko menambahkan, selain rusaknya area bibir Pantai Tirta Ayu, abrasi juga berdampak besar pada ekosistem pantai. Hal ini pun turut mempengaruhi mata pencaharian nelayan di wilayah Pantai Tirta Ayu.

Ia menambahkan program ‘Dermayu’ diresmikan langsung oleh Integrated Terminal Manager Balongan Ahmad Yani Lauma di Balai Desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat.”Melalui program Dermayu ini, kami ingin membantu menghidupkan kembali daerah wisata potensial yang ada di Balongan. Sehingga selain melestarikan lingkungan pesisir pantai melalui penghijauan, program ini dapat menciptakan peluang ekonomi baru yang dapat dikelola oleh masyarakat setempat,” ujar Eko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: