Tiga Parpol Bikin Piagam Deklarasi, Beri Mandat Anies Cari Cawapres dan Parpol Pendukung Tambahan

Salah satu butir penting dalam Piagam Deklarasi itu adalah mensahkan dan meresmikan nama lengkap koalisi pro Anies yakni Koalisi Perubahan untuk Persatuan atau KPP.

Jumpa Pers Piagam Deklarasi Tiga Partai Pendukung Anies Baswedan Foto Instagram @SugengSuparwoto

Jakarta, EDITOR.ID,- Ditengah bulan puasa, para elit tiga partai pengusung bakal calon presiden (capres) 2024 Anies Baswedan disibukkan menyiapkan Piagam Deklarasi. Dan tanpa pesta seremonial, Piagam Deklarasi tersebut telah ditandatangi oleh Partai Demokrat, PKS dan Partai Nasdem di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).

Salah satu butir penting dalam Piagam Deklarasi itu adalah mensahkan dan meresmikan nama lengkap koalisi pro Anies yakni Koalisi Perubahan untuk Persatuan atau KPP.

“Yang pertama membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan,” kata Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky saat jumpa pers di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jaksel, Jumat (24/3/2023).

Terdapat enam poin dalam piagam deklarasi Koalisi Perubahan yang ditandatangani Ketum NasDem Surya Paloh, Ketum Demokrat AHY dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Surya Paloh tanda tangan pada 1 Maret, AHY 2 Maret, terakhir PKS tanggal 22 Maret.

“Telah ditandatanganinya MoU Koalisi Perubahan. Dengan begitu secara formal ketiga partai telah memutuskan secara bulat mengusung Bapak Anies Baswedan sebagai capres 2024,” ujar Koordinator Timses Anies Baswedan, Sudirman Said.

Enam poin piagam Koalisi Perubahan:

  1. Membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan
  2. Mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024-2029
  3. Memberi mandat kepada calon presiden untuk memilih calon pasangannya
  4. Memberikan keleluasaan kepada calon presiden untuk berkomunikasi dengan partai politik lainnya dalam rangka memperluas basis dukungan
  5. Membentuk sekretariat yang merupakan kelanjutan dari tim persiapan atau tim kecil
  6. Pada waktunya mengumumkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden

“Itu menjadi enam poin di dalam piagam yang ditandatangani oleh tiga ketua umum partai,” lanjut Sekjen PD Teuku Riefky.

Menambahkan Sekjen PD Teuku, Sohibul Iman menegaskan penandatanganan piagam ini merupakan pelengkap komitmen tiga partai pendukung Anies Baswedan. Mereka bersepakat membentuk KPP.

“Di piagam ini dilengkapi juga komitmen koalisi tiga partai dengan membentuk KPP, Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Saya kira itu yang menjadi hal penting dari penandatanganan piagam koalisi tiga partai ini,” ujar Sohibul Iman.

“Kita bersama mencapai kesepakatan untuk bekerja sama dalam bingkai pembangunan dan kemakmuran bangsa. Melalui moment ini juga kita konkretkan kerja-kerja politik yang selama ini kita lakukan beberapa bulan terakhir,” ujar Sugeng Suparwoto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: