Ketua IKA Teladan Sebaiknya Dipilih Secara Musyawarah Mufakat dan Satu Periode

  • Bagikan
alumni 379 bakal renovasi gedung sma3 jakarta, pemred asri hadi semoga menginspirasi angkatan lainnya
alumni 379 bakal renovasi gedung sma3 jakarta, pemred asri hadi semoga menginspirasi angkatan lainnya

EDITOR.ID, Jakarta,- Menjelang Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Teladan, Jakarta pada 31 Oktober 2021 nanti, alumni Lintas antar Generasi menyerukan agar calon Ketua Umum Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Teladan dilakukan secara musyawarah untuk mufakat.

Seruan ini disampaikan Alumni Lintas Generasi Asri Hadi di Jakarta, Jumat (22/10/2021)

“Sebaiknya pemilihan Ketua IKA Teladan dilakukan dengan cara musyawarah mufakat sehingga tidak terjadi kubu kubu pendukung yang bisa berakibat perpecahan di alumni SMAN 3 Teladan,” ujar Asri Hadi yang merupakan salah satu alumni SMA 3 Teladan Jakarta tahun 1975 ini.

Sebab jika dilakukan secara voting mengakibatkan adanya kelompok yang kurang berkenan. Kemudian Asri Hadi mengingatkan pada contoh kasus Piplres atau Pilkada.

ilustrasi
ilustrasi

“Sulit untuk kembali guyub kalau masing masing fihak ngotot dengan jagoannya masing masing,” paparnya.

Selain itu, Asri Hadi juga mendesak panitia Mubes Ika Teladan membuat aturan agar masa kepemimpinan cukup satu kali periode. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada alumni yang menjadi tokoh nasional dan pejabat bisa ikut membangun pengembangan SMA Negeri Teladan.

Karena banyak alumni SMA Negeri Teladan yang saat ini menjadi tokoh nasional dan pejabat. Hal ini akan membantu SMA Teladan mendapatkan kontribusi berupa bantuan sosial, pengembangan dan jaringan.

“Kalau pendapat saya pribadi mengusulkan, ketua Ika teladan cukup satu periode saja, karena banyak calon tokoh nasional yang mau kerja sosial menjadi pengurus IKA Teladan,” paparnya.

Sebab, lanjut Asri Hadi, semakin banyak tokoh nasional dari alumni yang terlibat di kepengurusan semakin baik. Hal ini akan menjadi sumber dana, sosial dan jaringan yang akan memajukan sekolah SMA negeri 3 kembali Teladan bisa cepat terlaksana.

“Sekarang ini SMA Negeri 3 di tingkat nasional rangkingnya turun di tingkat 300 an, ini sangat memprihatinkan,” katanya.

Sekolah yang berdiri sejak tahun 1953 ini sudah melahirkan puluhan tokoh nasional yang menduduki jabatan strategis dan publik figur. Mulai dari pimpinan lembaga tinggi negara, pengusaha nasional, tokoh politik, pimpinan TNI Polri hingga artis dan musisi.

SMA 3 Teladan Jakarta juga telah banyak melahirkan para tokoh penting di negeri ini. Mulai dari kementerian, militer, akademisi, dokter, musisi, composer dan masih banyak lagi.

“SMA 3 Teladan telah melahirkan alumninya ada dimana mana, hampir setiap profesi dan menempati posisi strategis, Mereka berkontribusi besar pada pembangunan bangsa ini,” ujar Asri Hadi yang kini juga sibuk sebagai penggiat sosial dan Pengurus Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI).

Salah satunya Bapak Jenderal Pol Purn Prof Budi Gunawan. “Beliau adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang merupakan alumni SMA negeri 3 angkatan 79,” tutur Asri Hadi yang pernah menimba ilmu di Monash University, Australia.

sekolah sma negeri 3 teladan yang sudah direnovasi oleh angkatan 79
sekolah sma negeri 3 teladan yang sudah direnovasi oleh angkatan 79

“Juga ada Bapak Letjen TNI Agus Widjojo juga adalah alumni tahun 1965, beliau saat ini dipercaya sebagai Gubernur Lemhamnas, posisi beliau sebagai Gubernur Lemhamnas menjadikan beliau sebagai pencetak calon pemimpin masa depan” tambah Asri Hadi, Penerima Tanda Kehormatan Satyalancana Dwidya Sistha ini.

Nama besar lainnya adalah Erick Thohir. Ia salah satu alumni SMA 3 Teladan Jakarta yang sukses sebagai pengusaha dan pemilik raksasa Mahaka Group. Erick kini dipercaya sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Erick juga menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah.

Selain Erick, alumni SMA 3 Jakarta lainnya yang masuk untuk memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Indonesia dalam kabinet Indonesia Maju adalah Harvick Hasnul Qolbi. Harvick menjabat sebagai Wakil Menteri Pertanian RI 2020-2024 Jokowi-Ma`aruf Amin Jilid II.

SMA 3 juga punya Pejudo Nasional seperti Sadik Algadri, Wartawan Senior seperti Ahmed Kurnia, Mantan Dirjen Kominfo Freddy Tulung.

Berbicara tentang dunia usaha, banyak alumni SMA 3 Jakarta yang jumlahnya tak terhitung menggeluti bidang yang satu ini di antaranya adalah Aburizal Bakrie, Dewi Motik dan masih tak terhitung lainnya.

Semua tokoh nasional ini, lanjut Asri Hadi, diantaranya Jenderal Budi Gunawan, Letjen Agus Widjojo dan yang lainnya memiliki peluang untuk menjadi calon Ketua Ika Teladan. “Siapapun yang akan jadi ketua Ika teladan 2021-2024 akan kita dukung,” papar Asri.

Mubes Ika alumni akan digelar pada 31 Oktober 2021. “Artinya tinggal seminggu lagi, saya harapkan semuanya kompak bersatu dan membangun SMA Negeri Teladan menjadi SMA yang berkualitas dan alumninya mampu memberikan kontribusi pada sekolah tempat ia pernah menimba ilmu,” katanya. (tim)

 549 Total Pengunjung,  5 Pembaca Hari ini

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan