Settia

Jokowi Sholat Ied di Bogor

EDITOR.ID, Jakarta,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 H bersama keluarga di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. Presiden Jokowi akan menjalankan Sholat Ied bersama warga Bogor.

Penegasan itu sebagaimana disampaikan Jokowi dalam akun Twitter @jokowi, Kamis (14/6). “Lebaran tahun ini, saya dan keluarga merayakan di Bogor,” tuitnya.

Ini merupakan kali pertama Jokowi merayakan Idul Fitri di Istana bersama keluarga. Ini artinya selama 4 tahun menjabat presiden, Jokowi selalu merayakan lebaran di tempat yang berbeda.

Sebelumnya pada lebaran tahun lalu Jokowi melakukan Salat Ied di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Jokowi pada tahun 2014 lalu merayakan lebaran di Aceh dan tahun 2015 dia merayakan lebaran di Aceh.

Besok Salat Ied di Bogor,” tekannya lagi.

Presiden bersama keluarga membagikan uang Lebaran kepada anak yatim piatu. Kegiatan yang selalu dilakukan tiap merayakan Lebaran.

Setelah melakukan salat Ied rencananya Jokowi akan menggelar open house di Istana Kepresidenan. Dan masyarakat boleh bersalaman.

“Kita di Bogor, saat Idul Fitri dan open house di Bogor,” ucap Jokowi.

Dia menjelaskan memilih berlebaran di Bogor sebab selama menjabat belum pernah berlebaran di kota hujan tersebut. Jokowi memaparkan sudah pernah berlebaran di Padang, Aceh, dan Jakarta.

“Tempat tinggal kita kan di Bogor ini. Nah, di Bogor tahun ini,” ungkap Jokowi.

Dengan semangat Idul Fitri, mantan gubernur DKI Jakarta itu mengajak masyarakat Indonesia untuk saling memaafkan dengan hati yang tulus dan Ikhlas.

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istrinya, Mufidah Jusuf Kalla, rencananya akan merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah di Jakarta. Pagi harinya, Kalla akan menunaikan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Juru Bicara Wakil Presiden, Husain Abdullah mengatakan seusai menunaikan salat Idul Fitri, Kalla dan istri akan berangkat ke Istana Kepresidenan Bogor untuk halal bihalal dengan Presiden Jokowi.

“Wapres berangkat dari rumah dinas Wakil Presiden di Jalan Diponegoro,” kata Husain dalam siaran persnya pada Kamis (14/6/2018)

Setelah itu, Kalla dan istri akan melaksanakan open house di rumah dinasnya, tepatnya seusai salat Jumat. Dalam acara ini akan hadir para pimpinan lembaga negara, duta besar negara sahabat, para gubernur, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

Seperti kebanyakan orang lain, Kalla dan istri juga akan pulang ke kampung halaman. Keduanya akan berangkat mudik ke Makassar di hari kedua lebaran. Husain menuturkan Kalla dan istri akan kembali ke Jakarta pada Senin, 18 Juni 2018.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga akan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah di hari kedua Lebaran. Pada hari pertama, Jokowi akan open house di Istana Kepresidenan Bogor. (tim)

Leave a Reply