Jet Tempur Asing F-18 Masuki Indonesia, Awasi Ada Apa!

  • Bagikan
f 18 hornet terbang masuki indonesia (ilustrasi)
f 18 hornet terbang masuki indonesia (ilustrasi)

EDITOR.ID, Jakarta,- Pesawat tempur asing berjenis F-18 Hornet dikabarkan memasuki Perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada Selasa (6/4) lalu. Pesawat tempur asing ini terekam video sedang terbang rendah di perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Videonya tersebar di media sosial.

Terkait masuknya pesawat tempur yang diduga milik Amerika, Markas Besar TNI Angkatan Udara (Mabesau) membenarkan dan memberikan penjelasan.

kepala dinas penerangan tni au (kadispenau) marsekal pertama (marsma) indan gilang buldansyah foto dispenau
kepala dinas penerangan tni au (kadispenau) marsekal pertama (marsma) indan gilang buldansyah foto dispenau

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, menjelaskan, dari hasil penyelidikan sementara, pesawat tempur tersebut melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia.

“Di perairan Natuna telah melintas pesawat tempur asing diperkirakan jenis F-18 Hornet, di atas FPSO (floating, production, storage and off loading bessel),” ungkap Marsma Indan Gilang pada Rabu (7/4/2021).

Meski tidak memasuki wilayah teritorial Republik Indonesia (RI), pesawat yang masih belum diketahui asalnya tersebut melintasi zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Indan menerangkan, pesawat asing itu juga sempat terbang di atas floating, production, storage and offloading (FPSO) vessel Kakap Natuna yang dioperasikan oleh perusahaan minyak Indonesia.

Pesawat itu melintas di wilayah ZEE Indonesia sekitar 169 mile di sebelah barat dari Kepulauan Natuna.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kata dia, pesawat itu melintas di luar wilayah teritorial Indonesia. Namun, TNI AU masih terus melakukan pendalaman terkait kejadian tersebut.

“Atas kejadian itu, disampaikan bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia. Dan, saat ini TNI AU sedang mendalami kejadian tersebut dengan pihak terkait,” tutur Indan. (tim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *