Settia

Emil Dardak Sambut Baik Kerjasama Jatim – Belanda

Editor.ID – Surabaya, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak, menyambut baik kerjasama dengan pemerintah negara Belanda yang diwakili oleh Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air, Cora Van Nieuwenhuizen.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Surabaya itu, Emil menyebut ada tiga aspek kerjasama yang bisa dilakukan Jatim dengan Belanda.

“Jadi hari ini ada tiga hal bersama pemerintah Belanda bersamaan dengan Raja dan Ratu yang hari ini juga temui presiden. Tiga hal itu, penanganan banjir, teknologi inovasi, dan kerjasana bisnis,” kata Emil, Kamis (12/3/2020).

Untuk kerjasama penanganan banjir, kata dia, difokuskan untuk pengelolaan sungai di Welang Rejoso, Pasuruan. Sedangkan untuk teknologi inovasi juga dilakukan untuk menjaga kebersihan sungai.

“Tadi dijelaskan ada teknologi dari Belanda menggunakan bubble untuk memfiltrasi sampah di sungai. Tergantung cocok atau tidak, karena di sini kan sampahnya bermacam-macam. Bahkan ada sampah kasur juga,” jelasnya sembari tertawa.

Untuk kerjasama bisnis dan ekonomi, ia membahas tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari. Pembahasannya, kata Emil, lebih pada pengembangan untuk bidang kesehatan, pendidikan, dan kerjasama vokasi.

Selain itu, diresmikan juga Netherland Business Support Office (NBSO) di Surabaya. “NBSO ini kantor perwakilan untuk mempromosikan kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi antara Indonesia dan Belanda,” ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *