Settia

Ditlantas Polda Jateng Lakukan Sterilisasi Dengan Drone Thermal

Semarang – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah melakukan sterilisasi, kanalisasi, serta penyemprotan disinfektan bagi pengguna jalan raya. Langkah ini diambil guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Subandriya mengatakan, langkah ini juga untuk melaksanakan Program Keselamatan 2020 yang digagas Polri. Sterilisasi dilakukan dengan memanfaatkan drone thermal.

“Kegiatan kita ini yang jelas suatu konsep yang harus kita gelar dengan mengedepankan tindakan persuasif sesuai arahan petunjuk bapak Kapolda,” kata Subandriya kepada wartawan, Jumat (17/4).

Dalam giat ini, Ditlantas Polda Jawa Tengah juga berkolaborasi dengan tim NTMC Korlantas Polri melakukan pendeteksian suhu para pengendara yang memasuki wilayah Jawa Tengah.

“Satu langkah lebih maju menggunakan drone thermal. Drone thermal ini akan mengidentifikasi tidak perlu satu persatu. Satu terbang bisa teridentifikasi semua.” tambahnya.

Subandriya menjelaskan, penggunaan thermol drone ini dalam rangka mempercepat pelayanan ketika ada antrian panjang. “Ini sengaja kita aplikasikan disini supaya proses pendeteksian suhu dari orang yang mudik cepat, sehingga tidak mengganggu sirkulasi lalu lintas,” imbuhnya.

Usai langkah tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah langsung melakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan ini tidak hanya dilakukan untuk kendaraan bagian luar, melainkan hingga ke dalam.

“Selesai membayar (tol), sopir dan kernek wajib turun untuk di tapping dengan alat barcode scanning kemudian dalam kendaraan disemprot. Ini regulasi yang harus kita lakukan dan sama-sama kita laksanakan untuk mensterilisasi,” kata Subandriya.

Kegiatan ini akan dilakukan secara masif oleh Ditlantas Polda Jawa Tengah. Setelah dilakuka di gerbang tol Kali Kangkung, tiga pintu tol exit Jakarta akan menjadi tujuan berikutnya. Seperti pintu tol Brebes atau Brexit, kemudian Batang, dan Kendal di Pemalang.

“Itu sudah kami instruksikan juga. Sementara untuk yang mengarah ke Solo-Semarang-Sragen dilakukan di GT Kali Kangkung,” pungkas Subandriya. (dealova)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *