Settia

Amien Rais Bikin Partai Baru, Laku Ga Ya?

EDITOR.ID, Jakarta,- Partai Amanat Nasional (PAN) terancam pecah kongsi. Politikus seniornya Amien Rais sekaligus pendiri partai berlambang matahari putih ini memutuskan membentuk partai baru, yakni PAN Reformasi.

Sejak namanya hilang dari jajaran pengurus Partai Amanat Nasional (PAN), politisi gaek Amien Rais dikabarkan hengkang dari PAN dan bakal mendirikan partai baru. Anehnya Amein Rais mengaku mendirikan partai baru karena dirinya telah dipecat oleh PAN.

Amien kini tengah mempersiapkan partai baru yang digadang-gadang akan dinamai “PAN Reformasi.”

Amien mengaku sangat serius dengan rencananya untuk mendirikan partai politik baru. Namun, ia akan melanjutkan persiapan pendiriannya setelah wabah Covid-19 di Indonesia mereda.

“Saya sangat serius,” kata Amien dalam kuliah politik bertemakan ‘Tauhid Sosial: Kenapa Kita Harus Berpolitik’ yang diselenggarakan secara daring pada Selasa (19/5/2020).

“Yes definitely. My friend and i are determine to install, to establish a new party but tidak sekarang,” kata pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu menegaskan.

Ia menjelaskan, di tengah kondisi krisis akibat Covid-19 saat ini, tidak tepat untuk mengurus dan membicarakan pendirian partai politik. Krisis ini harus diatasi terlebih dahulu karena jauh lebih penting bagi kelangsungan bangsa Indonesia. “Sementara partai baru ini adalah sesuatu yang agak sektoral, lah,” ucap mantan ketua MPR itu.

Keinginan Amien Rais mendirikan partai baru tak terlepas dari kisruh yang terjadi di tubuh PAN. Terutama usai kembali terpilihnya Zulkifli Hasan alias Zulhas sebagai ketua umum periode 2020-2025.

Kisruh itu makin tampak jelas usai mundurnya putra sulung Amien Rais, Ahmad Hanafi Rais dari partai berlambang matahari itu. Mundurnya Hanafi diyakini bakal mempercepat pembentukan partai baru.

Sebelumnya, salah satu pendiri PAN, Putra Jaya Husein, mengatakan, Amien mendirikan partai baru lantaran PAN sudah ‘lari’ dari idealisme partai. PAN, kata Putra, dibangun untuk memperjuangkan kepentingan rakyat dan bangsa, bukan untuk kepentingan sekelompok orang yang ingin mendapatkan manfaat dari pengelolaan sebuah partai.

Saat ini, partai bentukan Amien Rais itu dalam tahap proses pembentukan, termasuk penentuan nama partai.

Loyalis Amien Rais, Agung Mozin mengatakan dari 30 nama yang diusulkan, nama partai baru itu mengerucut ke nama Partai Reformasi

“Dari 30 nama yang diusulkan memang yang menguat Partai PAN Reformasi. Bukan singkatan ya, jadi PAN Reformasi, itu yang menguat,” ujar Agung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *