Kok Punya Harta Rp 282 Miliar Darimana? Ini Pengakuan Mengejutkan Dito Soal Sumbernya

Menpora Dito akhirnya blak-blakan dan jujur mengungkap darimana saja perolehan harta kekayaannya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang mencapai ratusan miliar. Dito mengaku siap memberikan penjelasan.

Menpora Dito Ariotedjo Sumber Foto Instagram

Jakarta, EDITOR.ID,- Menteri Pemuda dan Olah Raga Dito ArioTedjo mengejutkan publik karena memiliki harta sangat fantastis. Totalnya Rp 282 miliar lebih. Lantas darimana Dito memperoleh harta sebanyak itu? Mengingat mantan Staf Khusus Menko Perekonomian Airlangga Hartarto itu baru berusia 32 tahun dan pekerjaanya biasa saja.

Menpora Dito akhirnya blak-blakan dan jujur mengungkap darimana saja perolehan harta kekayaannya di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang mencapai ratusan miliar. Dito mengaku siap memberikan penjelasan.

Dito mengakui harta ratusan miliar yang dimilikinya itu berasal dari hadiah. Menurut Dito, ia diberi hadiah oleh orang tuanya berupa aset 4 bidang tanah dan bangunan serta 1 unit mobil.

“Dari lima aset tanah, empat di antaranya adalah pemberian dari orang tua, jadi memang posisinya hadiah, namun kita juga lagi tanya ke pihak hukum, karena kemarin pas kita mau input, kalau hibah itu harus ada aktanya kan, karena aset ini langsung diberikan orang tua untuk istri saya, makanya kami tulisnya sebagai hadiah,” kata Dito dalam keterangan tertulis, Selasa (18/7/2023).

Dito mengaku tak mengetahui soal pengisian aset-aset dalam LHKPN lantaran belum pernah menjadi penyelenggara negara. Ia menyebut selama ini juga tak pernah menghitung jumlah harta, baik itu hadiah, aset perusahaan, dan lainnya.

“Prinsipnya agak bingung di hadiah atau hibah, tapi kita kemarin paling aman tulisnya hadiah karena memang pemberian dari orang tua dan kita berusaha jujur dalam menginput LHKPN,” ujarnya.

Dito mengatakan sang istri sebelum dirinya menjabat sebagai Menpora banyak menerima hadiah dari orang tuanya. Politikus Partai Golkar itu mengaku siap memberikan penjelasan terkait aset-asetnya ke KPK.

“Kita berusaha jujur dalam laporannya. Jika KPK membutuhkan klarifikasi lebih lanjut saya siap. Ini menjadi ramai, mungkin karena fantastis angkanya dan saya masih muda, namun kita kan tidak bisa milih lahir dari mana,” katanya.

Sebelumnya, Deputi Pencegahan dan Pengawasan KPK Pahala Nainggolan mengatakan sebagian harta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariodtedjo yang dilaporkan dalam LHKPN berasal dari hadiah.

Sebagian harta yang disebut sebagai hadiah oleh Dito itu yakni empat bidang tanah dan bangunan serta satu unit mobil.

“Berasal dari hibah atau hadiah kita belum lihat hadiahnya dari siapa. Kita juga enggak tahu ini salah kasih nama hadiah sebenarnya ini warisan kah atau hibah kah enggak tahu kita,” kata Pahala saat ditemui wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/7/2023). (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: