Muslim Fashion Festival 2023: Jetty Hadi Moderatori Pre Launch Islamic Handbook

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 di Jakarta Hadirkan Karya 200 Desainer Lokal

Jakarta, EDITOR.ID,- Muslim Fashion Festival (MUFFEST+) 2023 digelar untuk kedelapan kali pada 7 hingga 10 Maret 2023 di The Westin Jakarta. Muffest+ mengusung tema “Road To In2motionfest” atau Indonesia Internasional Modest Fashion Festival dengan menghadirkan fashion muslim berkelanjutan. Ada 200 desainer yang akan terlibat dalam acara ini.

Acara tahunan ini akan dimeriahkan dengan fashion show, trade show, talkshow, dan kompetisi desainer muda modest fashion.

Salah satunya acara Pre Launch Islamic Fashion Handbook yang diinisiasi Islamic Fashion Institute. Acara ini akan dimoderatori Vice Chairman Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC), Jetti Rosila Hadi.

Pre Launch Islamic Fashion Handbook akan menampilkan pembicara Sapta Nirwandar, Irna Mutiara, Yuffie Kartaatmaja, Hanni Haerani.

Jangan lupa hadir di Hotel Westin Jakarta. Acaranya digelar nanti sore jam 3 atau Selasa (7/8/2023) sore.

Sementara itu penyelenggaraan MUFFEST+ yang ke-8 tahun ini mengambil tema “MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST”. Acara tahun ini mengenalkan untuk meleburnya pelaksanaan MUFFEST+ ke dalam IN2MOTIONFEST di tahun mendatang.

Oleh karena itu, MUFFEST+ 2023 Road to IN2MOTIONFEST akan menampilkan koleksi dari 64 brand yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia.

Ketua Nasional Indonesia Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan bahwa pergelaran ini fokus dengan modest fashion, utamanya adalah ingin mendorong perekonomian dari modest fashion yang benar dan konsep sustainability atau berkelanjutan.

Ia mengatakan saat ini sudah banyak konsumen di luar negeri yang memperhatikan konsep fashion berkelanjutan, tetapi banyak pelaku industri busana muslim di Indonesia yang tidak mempunyai latar belakang memadai sehingga jika tidak ada pendampingan, tren tersebut muncul hanya sesaat.

“Makanya kita bikin Muffest, di dalam itu secara tidak langsung memberikan edukasi bahwa konsep sustainability penting untuk keberlanjutan kita bersama. Makanya semua partner kami yang hadir hari ini juga kita yakinkan bahwa kita percaya konsep sustainable ini penting,” ucap Ali dalam acara konferensi pers Muffest 2023 di Jakarta, Jumat lalu.

Sustainable fashion, menurut dia, akan menjadi pilar atau patokan dari busana muslim yang tidak merugikan orang lain dan sesuai syariah. Ia pun berharap konsep ini bisa diterima di internasional.

“Karena mereka sebenarnya filosofinya sama-sama jadi sustainable fashion itu juga menyarankan untuk menjalankan ethical proses atau ethical fashion, ethical fashion itulah yang sesuai syariah tadi, beda penyebutan tapi sebenarnya produk barangnya itu sama,” ucapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: