Settia

Resmi WNI, Bisakah Jordi-Sandy Perkuat Timnas di Piala AFF, Baca Ini!

Kini Shin Tae-yong (STY) punya banyak pilihan di lini belakang timnas Indonesia. Di posisi fullback kanan, STY bisa memilih antara Sandy Walsh dan Asnawi Mangkualam.

Jakarta, EDITOR.ID,- Formasi Timnas Indonesia senior akan makin garang setelah mendapat tambahan kekuatan pemain keturunan asal Spanyol dan Belanda. Jordi Amat dan Sandy Walsh resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Kehadiran Jordi dan Sandy akan menambah kokoh pertahanan Tim asuhan Shin Tae Yong dalam persiapan menghadapi Piala Asia 2023.

Kemarin keduanya resmi menjadi WNI setelah menjalani pengambilan sumpah setia kepada Indonesia di Kantor Wilayah Kemenkum HAM DKI Jakarta.

Kini Shin Tae-yong (STY) punya banyak pilihan di lini belakang timnas Indonesia. Di posisi fullback kanan, STY bisa memilih antara Sandy Walsh dan Asnawi Mangkualam.

Lalu, di posisi center back, STY bisa memilih antara Jordi Amat, Elkan Baggot, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, bahkan bek muda potensial Muhammad Ferarri.

Sandy tidak dapat menutupi kegembiraannya setelah resmi menjadi WNI. Momen bahagia tersebut sudah sangat lama dinantikan.

”Keluarga saya mengikuti semua prosesnya sejak awal. Termasuk kakek dan nenek saya. Meski sudah tidak di sini lagi, saya yakin mereka sangat bangga. Saya berterima kasih atas segalanya kepada mereka,” ucap pemain berposisi fullback kanan tersebut.

Tak berbeda dengan Sandy, Jordi juga merasa bahagia. Dia berjanji akan mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk Indonesia. ”Saya berjanji akan memberikan yang terbaik untuk negara kita,” ujar punggawa Johor Darul Ta’zim (JDT) tersebut.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan merasa lega dengan tuntasnya proses naturalisasi Jordi-Sandy. Mengingat, prosesnya sangat panjang.

Awalnya, Jordi-Sandy ditargetkan sudah bisa memperkuat tim nasional Indonesia sebelum berlaga di ajang kualifikasi Piala Asia 2023. Bahkan, keduanya sudah diikutkan dalam pemusatan latihan di Bandung, Jawa Barat.

Namun, sampai menjelang keberangkatan ke Kuwait, proses naturalisasi Jordi-Sandy masih jauh dari kata tuntas.

”Alhamdulillah, sekarang keduanya telah resmi menjadi WNI. Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung proses ini,” ujar Iriawan.

Bisakah Jordi dan Sandy Diturunkan di Piala AFF?

Dengan tuntasnya kepindahan warga negara Jordi-Sandy, keduanya bisa didaftarkan sebagai pemain timnas Indonesia untuk mengikuti kejuaraan AFF Cup 2022. Pendaftaran pemain ditutup pada 20 November.

Meski demikian, Jordi dan Sandy belum tentu bisa dimainkan saat pergelaran AFF Cup 2022 dimulai. Sebab, masih ada proses lanjutan yang harus diurus PSSI setelah dua pemain tersebut menyandang status WNI.

Yaitu, perpindahan federasi. Jordi pindah dari Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) ke PSSI. Sementara itu, Sandy pindah dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI.

Leave a Reply