Settia

Polda Riau: Penggeledahan Universitas Riau Terkait Jaringan Teroris

Densus 88 membawa sejumlah barang yang diduga milik terduga teroris (ist)

EDITOR.ID,- Pekanbaru,- Kepolisian Daerah Riau menyatakan penggeledahan yang dilakukan Densus 88 Antiteror di Universitas Riau, tepatnya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) terkait dugaan adanya jaringan teroris.

Kehadiran tim Polri ke Kampus tersebut menyedot perhatian mahasiswa. Kendaraan ‘Barracuda’ berjejer di dalam kampus Fisip Unri. Garis polisi dipasang di sekitar Gelanggang Mahasiswa.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Inspektur Jenderal Polisi Nandang mengatakan, kehadiran di tim Densus 88 di kampus tersebut terkait dugaan adanya jaringan teroris.

“Iya ada dugaan jaringan teroris. Tim Densus masih melakukan penggeledahan,” kata Nandang.

Sebagaimana dilansir dari Antara, Tim Gegana Brigade Mobil Polda Riau menyita sejumlah barang dari penggeledahan yang dilakukan di salah satu gedung di kampus Fisip tersebut.

Sedikitnya terdapat tiga kantong plastik serta sejumlah tas ‘goodie bag’ yang disita petugas.

Namun belum diketahui apa saja isi tas tersebut. Personel Brimob Polda Riau langsung bergegas membawa barang-barang itu ke Mobil Gegana yang sedari tadi siaga di sekitar area penggeledahan. Seluruh barang dimasukkan ke dalam mobil Gegana.

Sampai sore ini, petugas gabungan masih bersiaga di kawasan gelanggang mahasiswa. Terlihat sejumlah mahasiswa beramai-ramai melihat kegiatan petugas.

Selain petugas bersenjata lengkap, terlihat juga mobil Gegana, Penjinak Bom (Jibom), mobil Baraccuda dan Inafis Polda Riau.

“Iya, kalau Densus 88 pasti (terkait dugaan jaringan teroris),” kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Sunarto di Pekanbaru, Sabtu (2/6).

Namun, Kombes Sunarto tidak bersedia berkomentar banyak terkait penggeledahan yang turut melibatkan Brimob dan Ditreskrimum Polda Riau serta jajaran Polresta Pekanbaru tersebut.

Kapolda mengatakan bahwa Polda Riau dalam penggeledahan itu sifatnya hanya memberikan pengamanan.

Kapolda tidak bersedia membeberkan proses penggeledahan tersebut, termasuk jumlah pelaku yang diperiksa serta barang bukti yang disita.

Detasemen Khusus Antiteror 88 baru saja melakukan penggeledahan di gedung Gelanggang Mahasiswa kampus Fisip, Universitas Riau. Penggeledahan dilakukan sejak pukul 14.00 WIB Sabtu siang hingga pukul 16.30 WIB. Penggeledahan itu melibatkan penjagaan ketat personel Brimob bersenjata lengkap.

Penggeledahan tersebut terkait dugaan adanya jaringan teroris.

Tim Brimob Polda Riau dibantu personel Polresta Pekanbaru, menggeledah Gedung Gelanggang Mahasiswa di Fakultas Sosial Politik di Kampus Unri Jl Soebrantas, Kecamatan Panam, Pekanbaru. Tim Polri tampak keluar masuk ke gedung Gelanggang Mahasiswa tersebut.

Turut terpantau dua unit mobil gegana Brimob Polda Riau siaga di sekitar area penggeledahan, yang salah satu diantaranya adalah Baracuda.

Gedung yang digeledah tersebut merupakan kantor sekretariat bersama seluruh kelembagaan mahasiswa Fisip. Gedung dua lantai itu bernama Gelanggang Mahasiswa Fisip. (tim)

Leave a Reply