Settia

Nur Farida: Tidak Ada Yang Salah di DPRD Jember Selama Ini, Karena Melaksanakan Fungsinya

EDITOR.ID – Jember, Menempatkan Legislatif sebagai kontrol eksekutif adalah cara mulya dan cerdas yang harus dilakukan untuk terwujudnya sinergi yang baik antara DPR sebagai legislatif dan Pemerintah sebagai eksekutif. Dengan adanya kebersamaan antara Legislatif dan Eksekutif maka pemerintahan di sebuah daerah akan berlangsung sehat, dan akan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan pembangunan.

Demikian Nur Farida Amalia saat ditanya mengenai sistem pemerintahan yang baik.

Sebagaimana kita ketahui bahwa konflik antara Bupati dengan anggota DPRD Jember sudah terjadi sejak akhir 2019 lalu. Bermula ketika DPRD mengajukan hak bertanya (interpelasi) kepada bupati terkait sejumlah permasalahan.

Terutama menyangkut APBD, yang sampai saat ini belum dimiliki pemerintahan Kabupaten Jember, dan anggaran penanganan COVID-19 juga tidak diputuskan bersama DPRD bahkan tidak diketahui DPRD sebagai mitra untuk mengontrol anggaran daerah, sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah pasal 19.

“Saya menilai tidak ada yang salah di dewan selama ini, karena saya menganggap dewan melaksanakan fungsinya, bahkan saya mengapresiasi kinerja Pimpinan dan Anggota DPRD yang rela meluangkan waktu untuk melakukan pembahasan permasalahan yang ada, tapi tidak didukung itikad yang baik dan kemauan pemkab Jember”, ujar Nur Farida yang merupakan salah satu Bakal Calon Bupati Jember di Pilbup 2020.

Lebih lanjut Nur Farida mengatakan bahwa sebenarnya akar permasalahan di Jember itu hanya soal komunikasi yang buruk seorang Bupati terhadap DPRD.

Diakhir penjelasannya Nur Farida mengatakan bahwa demi mendorong pelaksanaan pembangunan, serta mengawasi kinerja pemerintah yang dilandasi dengan semangat kemitraan, yang harus saling melengkapi, saling mengisi dan berbagi peran dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik semangat kemitraan yang begitu besar, harus diberikan terhadap pelaksanaan pembangunan di kabupaten Jember. (Har)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *