Mahlil Si Pencuri Kotak Amal Masjid Via Data QRIS, Ternyata Bukan Orang Sembarangan ini Sosoknya

Fakta-fakta Iman Mahlil Pelaku Penipuan QRIS "Palsu", Mantan Pegawai BUMN hingga Dapat Rp 13 Juta Sepekan

Pelaku Penempel QRIS palsu Mohammad Iman Mahlil Lubis (39) dihadirkan di Jumpa Pers Polda Metro (Ist).

Jakarta, EDITOR.ID,- Baru-baru ini publik dikejutkan dengan sosok pria misterius tertangkap kamera CCTV menempelkan stiker barcode QRIS ‘palsu’ di atas kotak amal di sejumlah masjid di kawasan Jakarta. Tujuannya agar dana yang disedekahkan para dermawan tak masuk ke masjid tapi masuk ke rekening si pemasang QRIS palsu.

Belakangan polisi berhasil mengungkap indentitas pria misterius yang menempelkan QRIS “palsu” di sejumlah masjid di Jakarta. Namanya Mohammad Iman Mahlil Lubis (39).

Polisi langsung menangkap Mahlil saat berada di kos-kosannya. Usai diperiksa, Imam Mahlil langsung ditetapkan sebagai tersangka.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis mengungkap, Iman telah menempelkan QRIS palsu ke puluhan masjid, mushala, dan tempat umum di daerah Jakarta dan sekitarnya.

“Beberapa tempat yang sudah ditempel (stiker barcode QRIS palsu) oleh yang bersangkutan itu ada 38 titik, ungkap Auliansyah dalam Konferensi Pers di Mapolda Metro Jaya, Selasa.

Dari Aksi Ubah Alamat QRIS Kotak Amal Masjid Mahlil Raup Rp 13 Juta Per Minggu

Iman memang menargetkan kotak amal masjid di wilayah Jakarta dalam melancarkan aksi melakukan penipuan modus memalsukan tampilan QRIS atau QR Code di kotak amal masjid. Mahlil Lubis menempelkan stiker barcode QRIS miliknya untuk menyedot uang sedekah kotak amal masjid ke rekeningnya.

Pelaku mengincar korban yang hendak bersedekah atau beramal pada saat Ramadhan lewat layanan digital.

Dalam seminggu, Mahlil Lubis mampu meraup uang sebesar Rp 13 juta dari praktek “mengubah alamat” kirim QRIS ke barcode miliknya. Uang dari para penyumbang masjid yang salah alamat kiriman uang e-money QRIS masuk ke rekening Mahlil.

Kasus tersebut akhirnya terendus kepolisian setelah rekaman kamera CCTV yang merekam aksi sang penipu beredar luas di media sosial.

Jumlah itu merupakan hasil temuan sementara dari rekening dan dompet digital yang dipakai pelaku untuk menghimpun dana hasil penipuan, sejak 1 April 2023 sampai 10 April 2023.

“Sampai saat ini dana yg terkumpul di dalam aplikasi yang dikuasai oleh tersangka Rp 13.060.000,” ujar Auliansyah Lubis.


Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis dalam Konferensi Pers di Mapolda Metro Jaya, Selasa. Foto Polda Metro Twitter

Sosok Mahlil, Mantan Manager Bank BUMN dan Ahli Forensik Hacker

Lantas siapakah sosok sebenarnya M Iman Mahlil Lubis (39) yang sekarang telah menjadi tersangka? Apa motifnya menempelkan QRIS alamat dia ke kotak amal sejumlah masjid di Jakarta?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: