Settia

Polres Brebes Bentuk Tim Khusus Penanganan Jenazah Pasien Covid-19

Brebes – Kepolisian Resor (Polres) Brebes Jawa Tengah membentuk tim khusus penanganan jenazah pasien virus Corona dalam upaya mengantisipasi penelantaran dan penolakan pemakaman jenazah pasien COVID-19. Tim yang berjumlah 9 personel tersebut dibekali latihan serta simulasi penanganan jenazah dari mulai rumah sakit hingga pemakaman.

Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto melalui Kabag Ops Kompol Raharja mengatakan, simulasi penanganan jenazah COVID-19 digelar untuk melatih personel yang tergabung dalam tim khusus tentang tata cara mengurus jenazah pasien COVID-19. Kegiatan Simulasi dipusatkan di Mapolres Brebes pada Sabtu pagi (18/04/2020).

“Kita tahu di beberapa tempat jenazah korban COVID-19 mendapat penolakan masyarakat. Hal ini kita antisipasi dengan melakukan pelatihan kepada personel,” ujarnya dalam pembukaan simulasi.

Ia menyebut dengan digelarnya simulasi tersebut sehingga ada gambaran terhadap satu tim khusus yang terdiri dari 9 personel dalam menangani jenazah pasien COVID-19. Semuanya harus sesuai dengan protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

“Tahapannya mulai dari rumah sakit, kemudian berangkat ke sana. Hal ini harus sesuai SOP (standar operasional prosedur) bagaimana prosedur penggunaan APD, prosedur membawa jenazah COVID-19 ke ambulans sampai ke pemakaman,” kata Raharjo.

Kemudian setelah dilakukan pemakaman, sambung Raharja, juga berlaku protokol saat kembali ke rumah sakit, sehingga personel agar tidak terpapar dengan tetap kembali dilakukan penyemprotan disinfektan terhadap personel.

Selain itu juga bagaimana membuka APD (alat pelindung diri) yang harus dibuka bertahap dan cuci tangan untuk menjaga kebersihan. Lebih lanjut, ia menghimbau kepada masyarakat, dapat menerima dan mengerti bahwa penanganan pemakaman jenazah Covid-19 sudah sesuai prosedur dan SOP yang ada sehingga aman. (dealova)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *