Ini Dia 8 Tips Agar Baterai iPhone Awet

  • Bagikan
httpswww.freepik.comfree photoyoung woman using smartphone as it is being charged 2753711.htm#page=1&query=charging&from query=iphonecharging&position=11&from view=search
httpswww.freepik.comfree photoyoung woman using smartphone as it is being charged 2753711.htm#page=1&query=charging&from query=iphonecharging&position=11&from view=search

EDITOR.ID, Jakarta,- Anda pengguna iPhone atau berencana untuk membeli iPhone? Tips agar baterai iPhone awet berikut bisa dijadikan acuan untuk memelihara ponsel iPhone Anda. iPhone salah satu brand ponsel yang terkenal di seluruh dunia. Tapi bagaimana dengan baterainya? Bagi banyak pengguna ponsel, salah satu hal yang tidak disukai adalah kondisi baterai cepat habis.

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tetap Awet

Ketika sedang memakai iPhone, kemudian baterai habis lebih cepat dari perkiraan, atau harus sering di-charge, ada kemungkinan baterainya sudah tidak bisa dipakai untuk menyimpan daya lagi. Siapa saja yang mengalami kondisi ini harus tahu apa saja yang perlu dilakukan agar baterai iPhone awet. Coba baca poin-poin berikut.

1. Menghapus Aplikasi Boros Baterai

Menjaga baterai iPhone agar tahan lama yang perlu diperhatikan adalah berbagai fitur yang dipasang pada iPhone. Anda dapat menghapus aplikasi yang boros baterai, terutama yang tidak sering dipakai. Pengguna iPhone perlu membuka bagian Pengaturan, selanjutnya klik General dan pilih Baterai.

Lihatlah apa saja aplikasi yang terlalu banyak memakan baterai. Jika aplikasi tersebut tidak selalu digunakan sebaiknya hapus saja dan mencari aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa dan ramah baterai.

2. Matikan Fitur AirDrop

AirDrop merupakan salah satu fitur berfungsi mengirim foto ataupun file ke iPhone terdekat. Sesuai fungsinya, maka menggunakan fitur ini membutuhkan koneksi Bluetooth agar pengiriman berjalan lancar. Adanya fitur ini memang menguntungkan sebab file dapat dikirim tanpa perlu koneksi ke internet.

Tetapi, harus diketahui juga bahwa AirDrop memakan banyak baterai. Karena itu, sangat disarankan untuk dinonaktifkan saja. Sedangkan jika membutuhkannya kembali, tinggal menghidupkan lagi. Anda dapat melakukan penghematan sehingga battery health bisa dijaga dan semua fitur penting bisa dipakai sesuai kebutuhan.

3. Gunakan Fitur Background App Refresh

Ingin cara mudah membuat baterai awet? Anda perlu rajin mematikan aplikasi yang terus berjalan di latar belakang ponsel. Semakin banyak aplikasi yang memiliki akses ke fitur Background App Refresh maka daya baterai yang dipakai semakin tinggi.

Karena itu, harus dinonaktifkan dengan cara masuk ke Settings, klik General. Tekan Background App Refresh dan pilihlah aplikasi yang dianggap tidak penting untuk dimatikan.

4. Matikan Notifikasi di Kunci Layar

Ketika ada pemberitahuan atau notifikasi tertentu muncul di layar kunci maka iPhone akan menyala agar pengguna dapat melihatnya. Hal ini ternyata memakai daya baterai. Semakin banyak aplikasi yang diizinkan menggunakan fitur notifikasi maka semakin banyak baterai terpakai.

Sebaliknya, semakin sedikit aplikasi yang diizinkan mengakses fitur ini maka waktu layar menyala juga semakin berkurang. Kondisi ini mampu menghemat daya tahan baterai lebih baik. Karena itu, disarankan untuk menonaktifkan notifikasi layar kunci dengan cara masuk ke Settings dan klik Notifications. Selanjutnya pilih aplikasi dan matikan pilihan Show on Lock Screen.

5. Lakukan Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai adalah tips agar baterai iPhone awet dan proses menghabiskan baterai sampai mati total dan mengisi daya sampai penuh saat ponsel dalam keadaan mati. Cara ini mampu menyegarkan baterai agar tetap awet.

Oleh karena itu, sangat disarankan melakukan kalibrasi setidaknya satu kali dalam satu bulan. Anda tidak perlu takut berlebihan kalau iPhone akan segera mati. Tunggu sampai mati total sebelum mengisi ulang dan mulai mengisi baterai setelahnya.

6. Aktifkan Modus Low Power

Beberapa iPhone dengan ios 14 atau ios 12 memiliki fitur rendah daya. Anda bisa mengatur iphone dalam Modus Low Power yang mampu mematikan aplikasi yang ada di latar belakang ponsel serta mengurangi kecerahan cahaya dan efek lainnya. Tidak hanya itu, keuntungan lainnya mematikan Modus ini adalah mampu menekan prosesor yang mengakibatkan berkurangnya konsumsi baterai.

7. Mematikan Fitur Auto Lock

Tanpa disadari sebenarnya fitur iPhone Auto lock yang dimaksudnya untuk membuat iPhone Anda aman dan tidak bisa dibuka oleh orang lain. Kenyataannya, fitur ini boros daya dan kerap menyebabkan baterai cepat habis. Hal yang bisa dilakukan adalah mematikan penguncian lampu secara otomatis dan melakukannya secara manual. Ini adalah fitur yang bisa ditemukan di iPhone ios 12 atau lebih tinggi.

8. Memakai Fitur Raise to Wake

Aplikasi yang bisa dipasangkan dengan iphone ada banyak dan beragam. Untuk bisa menghemat daya bisa memakai fitur raise to wake pada iPhone Anda. Jadi, Anda bisa memutuskan untuk mensetting kondisi iphone dalam kondisi mati dan cahaya latarnya juga bisa dimatikan. Hal ini tidak akan menyia-nyiakan iPhone yang dimiliki.

Bepergian jauh atau beraktivitas sehari-hari bisa mengandalkan iPhone yang hemat baterai karena sudah diterapkan berbagai tips agar baterai iPhone awet yang sudah dibahas di atas. Rawal gadget yang Anda miliki sehingga dapat dipakai untuk waktu lama.

Menariknya, sekarang ini sudah diluncurkan iPhone dengan daya baterai yang mumpuni yaitu iPhone XR. Ponsel ini dirancang dengan baterai sebesar 2942 mAh. Ukuran tergolong cukup besar untuk ukuran iPhone.

Sementara itu, merek ponsel seri XR ini juga dilengkapi fitur yang mampu mengisi daya baterai dalam waktu singkat bernama Fast Charging. Memiliki daya output 15W dan Qi Wireless Charging agar baterai bertahan lama. Perlu diketahui, harga iPhone XR ini sendiri berkisar antara 7-9 jutaan. Harga yang terjangkau dengan berbagai fitur unggulannya. Untuk pemesanan silahkan kunjungi Blibli.com dan cek harga lengkapnya.

Marketplace Blibli.com menyediakan berbagai merk ponsel mulai dari iPhone sampai Android. Temukan ponsel yang Anda butuhkan dengan mencarinya melalui aplikasi Blibli. Anda bisa memperhatikan spesifikasi tiap item dan bahkan membelinya secara online. Temukan dan beli iPhone yang berkualitas dengan cara baru berbelanja online. (tim)

 105 Total Pengunjung,  1 Pembaca Hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan