Head to Head Timnas U-20 Unggul dari Hongkong Tapi Jangan Lengah! Saksikan Malam ini

Meski secara head to head Timnas U-20 lebih unggul dalam beberapa pertemuan sebelumnya namun para punggawa Garuda Nusantara tak akan meremehkan tim Asia Timur ini.

Surabaya, EDITOR.ID,- Duel Timnas Indonesia U-20 vs Hong Kong pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 malam ini diramal bakal berlangsung secara sengit. Pertandingan akan tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/9/2022) malam WIB.

Meski secara head to head Timnas U-20 lebih unggul dalam beberapa pertemuan sebelumnya namun para punggawa Garuda Nusantara tak akan meremehkan tim Asia Timur ini.

Kemenangan wajib diraih timnas U-20 Indonesia jika ingin menjaga peluang lolos ke Piala Asia U-20 2023. Pasalnya, hanya juara grup yang akan langsung lolos.

Jika finis sebagai runner-up, maka harus bersaingan menjadi lima runner-up terbaik untuk lolos. Saat ini timnas U-20 Indonesia mempunyai modal bagus menatap laga itu.

Tim besutan Shin Tae Yong ini sebelumnya memetik kemenangan 4-0 atas Timor Leste pada laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Di sisi sebaliknya, Hong Kong malah dihajar oleh Vietnam dengan skor akhir 1-5. Oleh karena itu, Hong Kong wajib untuk memetik kemenangan guna menjaga asa lolos ke putaran final turnamen yang akan berlangsung di Uzbekistan tahun depan

Vietnam sementara ini memimpin klasemen Grup F dengan tiga poin setelah kemenangan 5-1 atas Hong Kong pada 14 September 2022.

Indonesia bertekad melanjutkan tren positifnya setelah di laga perdana menghajar Timor Leste 4-0. Adapun Hong Kong berusaha bangkit seusai dilibas Vietnam 1-5.

Berkaca dari head to head, Indonesia sudah dua kali bertemu dengan Hong Kong di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20, yang dahulu masuk kategori Kualifikasi Piala Asia U-19.

Dari dua pertemuan itu, Indonesia selalu keluar sebagai pemenang.

Pertemuan pertama terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-19 2010, yang dimenangi Indonesia dengan skor telak 4-1. Tim Merah Putih unggul berkat dua gol dari Syamsir Alam dan Abdul Rachman Lestaluhu.

Berikutnya, Skuad Garuda melibas Hong Kong 4-0 di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Saat itu, gol-gol Timnas U-20 dibukukan oleh Bagus Kaffa, Bagas Fathur Rahman, David Maulana, dan Bagus Kahfi.

Namun demikian, Indonesia tak boleh jumawa. Sebab, hal itu bisa menjadi bumerang, terlebih Hong Kong mencoba bermain tanpa beban.

Mengenai calon lawan, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, mempunyai penilaian. Hong Kong disebut bisa menyulitkan.

“Untuk pertandingan pertama saya menonton langsung, tetapi saya merasa hanya Hong Kong saja belum ada persiapan yang matang,” kata Shin Tae-yong.

“Memang sepakbola menggunakan formasi dasar, tetapi setiap keadaan pasti akan berubah-ubah. (tim)

Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Indonesia vs Hong Kong
Jumat (16/9/2022)
Stadion Gelora Bung Tomo
Kickoff Pukul 20.00 WIB