Cadar, Jenggot, dan Celana Cingkrang, Adakah Hubungannya dengan Ekstremisme?

Mereka tidak menonjolkan jenggot, celana cingkrang, dan cadar. Mereka juga cenderung ‘moderat’ dalam persoalan fiqih khilafiyah.

Tetapi, mereka cenderung keras dalam urusan politik, meski tidak membenarkan kekerasan atas nama jihad. Perjuangan mereka adalah meng-Islam-kan sistem politik, dengan jalan damai.

Di Indonesia, ada parpol Islam dengan ideologi ini. Mereka tidak ‘anti-muludan.’ Pegiat-pegiatnya banyak yang klimis. Tetapi, perjuangan politiknya, pada akhirnya, adalah Islamisasi negara, sekurang-kurangnya formalisasi syariat Islam.

Apakah mereka radikal? Radikal dalam prinsip politik, tetapi relatif moderat dalam perkara fiqih furū’iyah. Kelompok lainnya keras dalam pemurnian akidah dan politik.

Perjuangannya sekaligus memerangi ‘syirik kubur’ dan ‘syirik undang-undang.’ Agendanya simultan: purifikasi akidah, ibadah, dan politik. Mereka peduli dengan urusan cadar, jenggot, dan celana cingkrang sekaligus sistem politik.

Demokrasi dianggap sebagai sistem yang menduakan kedaulatan Tuhan, karena itu syirik dan thâghât. Mereka membenarkan kekerasan atas nama jihad.

Ideologi ini menjelma dalam Al-Qaeda, ISIS, Jama’ati Islam, dan Taliban.

Embrionya adalah IM dan salafi-haraki garis keras.

Di Indonesia, ideologi ini menjelma dalam JI dan pecahannya serta JAD dan anak turunnya.

Apakah mereka radikal? Mereka adalah penjelmaan radikalisme yang paling nyata.

Tiga jenis salafi ini punya kekhasan dalam urusan cadar, jenggot, dan celana cingkrang.  Mereka tidak seragam. Tidak jarang di antara sesama mereka saling mengkafirkan.

Ada juga kelompok keempat. Meski menolak bid’ah dalam urusan ibadah, tetapi fokus mereka bukan di situ. Dakwah mereka bukan pemurnian ibadah, karena itu tidak dimasukkan sebagai kelompok salafi.

Dakwah mereka adalah mengembalikan sistem khilafah. Pegiat-pegiatnya banyak yang klimis, celananya tidak congklang, wanita-wanitanya tidak bercadar.

Tetapi, mereka keras sekali dalam perkara politik. Mereka tergabung dalam HT/HTI.

Apakah mereka radikal? Iya, kalau pengertian radikal adalah ingin merombak bentuk dan ideologi negara.

Alhasil, urusan cadar, jenggot, celana cingkrang, plus jidat hitam tidak bisa di-gebyah uyah (digeneralisasi). Tidak identik, tetapi ada persambungan dengan ekstrmisme. Karena itu, terapinya tidak bisa tunggal, harus dipilah-pilah.

Sumber: NU Online (https://www.nu.or.id/post/read/113047/cadar–jenggot–dan-celana-cingkrang–adakah-hubungannya-dengan-ekstremisme)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: