Settia

Atlet Tuna Rungu Berjuang di Kejuaraan Badminton Asia Pasifik 2022, Asri Hadi Minta Doa Restu kepada Rakyat Indonesia

6th Asia Pacific Deaf Badminton Championships 2022.

Jakarta, EDITOR.ID,- Sejumlah atlet Disabilitas Tuna Rungu saat ini sedang berjuang untuk mengharumkan nama bangsa dalam even 6th Asia Pacific Deaf Badminton Championships tgl.14 sampai 21 September 2022 di Pattaya Chonburi Thailand.

Delegasi Indonesia mengirimkan 10 atlet yang berjuang agar mampu menembus final. Mereka diantaranya ganda putra Edy Susanto dan Ilyas Rahman. Ganda putri Dzakiyah A Maruf dan Ghaniah Fadlatun Nisa. Serta Muhamad Enrico Rasyadan.

Drs H Asri Hadi MA selaku Anggota Dewan Pengawas Perhimpunan Olah Raga Tuna Rungu Indonesia/Indonesian Sports Association of the Deaf (PORTURIN) meminta doa restu dari masyarakat Indonesia agar para atlit yang sedang bertanding di Thailand ini bisa membawa pulang trophy juara pertandingan Bulutangkis.

“Mohon doa dan restu bagi rakyat Indonesia di tanah air, semoga Allah memberkati. Aamiin,” ujar Asri Hadi yang juga Pengurus Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) ini.

“Selaku anggota dewan pengawas, saya turut bangga dengan perjuangan anak-anak yang tak kenal lelah untuk mengharumkan nama bangsa, saya berpesan kepada para atlet untuk tetap menjaga kesehatan dan berusaha secara maksimal,” imbuhnya.

Keberangkatan delegasi atlet disabilitas tuna rungu Indonesia difasilitasi oleh Perhimpunan Olah Raga Tuna Rungu Indonesia (PORTURIN). Porturin adalah anggota penuh atau full member dari International Committee of Sports for the Deaf (ICSD), Asia Pacific Deaf Sports Confederation (APDSC) dan Asean Deaf Sports Federation (ADSF).

Event Asia Pacific Deaf Badminton 2022 tanggal 14 sampai 21 September 2022 di Pattaya Chon Buri Thailand diikuti oleh 7 negara yaitu India, Indonesia, Japan, Hong Kong, Korea dan Malaysia.

Indonesia mengikuti event Open dan Youth (U. 21). Pemain Indonesia berjumlah lima orang. Berikut nama-nama pemain yang turun di ajang kejuaraan Event Asia Pasific Deaf Badminton 2022 :

  1. Edy Susanto dan Ilyas Rahman (open).
  2. Dzakiyah A Maruf dan Ghaniyah (Open Puteri/17th).
  3. Muhamad Enrico Rasyadan (20th) (Youth ,Putera).
  4. Ghaniyah juga ikut event Open.

Pada hari ini Sabtu tanggal 17 September atau hari keempat, delegasi atlet tuna rungu Indonesia menurunkan ganda putri pasangan Dzakiyah dan Ghaniah melawan pasangan India Sharma dan Singla.

Dzakiyah bersama pasangannya Ghaniyah berhasil menaklukkan pebulutangkis tuna rungu India, Sharma berpasangan dengan Singla, dengan skor 21-19 dan 21-18 dalam waktu 30 menit.

Kemudian pasangan Indonesia Edi Susanto dan Ilyas di grup C MD yang turun di ganda putra mampu menjungkalkan pasangan Hong Kong, Kang Chiun Wong dan Ming Chun Szeto dengan mudah 21-4 dan 21-5.

Leave a Reply