Waspada 5-11 Mei 2023 Prediksi BMKG Potensi Banjir Rob di 20 Wilayah Pesisir Mana Saja di Indonesia?

Waspada 5-11 Mei 2023 Prediksi BMKG Potensi Banjir Rob di 20 Wilayah Pesisir Mana Saja di Indonesia?

Indonesia, EDITOR.ID – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di 20 wilayah pesisir di Indonesia diprediksi berpotensi bakal terendam banjir rob agar mewaspadai menyusul adanya fenomena fase bulan purnama pada 5-6 Mei 2023.

Masyarakat di pesisir di 20 Wilayah di Indonesia agar siaga bersiap-siap menghadapi fenomena alam banjir rob mulai tanggal 5 – 11 Mei 2023 diprediksi membayangi pesisir selatan Jawa Tengah.

Informasi tentang perkiraan banjir rob dampak fase puncak bulan purnama. Warga yang tinggal di sekitar pesisir dan pelabuhan diharap untuk antisipasi, jika dirasa beresiko muncul banjir rob yang membahayakan segera lapor pada pihak berwajib setempat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap memberikan peringatan terkait adanya potensi banjir rob di pesisir selatan Jawa Tengah.

BMKG memperkirakan wilayah pesisir selatan Jawa Tengah akan dilanda banjir rob selama sepekan, yaitu sejak Jumat (5/5) hingga Kamis (11/5) mendatang

BMKG Himbau Fenomena fase Bulan Purnama Berpotensi 20 Wilayah Terendam Banjir

Masyarakat yang berdomisili di 20 wilayah pesisir di tanah air Indonesia agar waspada dan siaga menghadapi kemungkinan dampak pasang maksimum air laut.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut,” ujar Eko Prasetyo Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Selasa (4/5/2023).

Adapun dari ke 20 wilayah diprediksi akan terdampak dalam peningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum yang menyebabkan banjir rob yakni pesisir Jawa Barat, pesisir Jawa Tengah, pesisir Jawa Timur, pesisir selatan DI Yogyakarta, pesisir NTB dan NTT, pesisir Kalimantan Barat, pesisir Kalimantan Tengah, pesisir Sulawesi Utara, pesisir Maluku, dan pesisir Maluku Utara, pesisir Aceh, Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Sumatera Barat Pesisir Lampung, Pesisir Banten, Pesisir Utara Dki Jakarta.

Waktu dan jam terjadinya banjir rob berbeda-beda di tiap wilayah dan umumnya berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti bongkar muat di pelabuhan, pemukiman pesisir, dan kegiatan tambak garam serta perikanan darat.

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra dan Potensi Banjir Rob Pesisir Pantai Utara Jawa.

Bulan akan memasuki pase Gerhana Bulan Penumbra (Bulan terlihat lebih redup) meskipun dalam keadaan Bulan Purnam pada 5-6 Mei 2023.

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra, terjadi ketika posisi bulan, matahari dan bumi sejajar, di mana bulan hanya masuk ke bayangan penumbra bumi (bayangan samar). Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, bulan akan terlihat lebih redup daripada saat purnama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: