Doa Mustajab yang Diajarkan Rasulullah di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Momentum dimana Allah SWT akan mengabulkan doa dan permintaan kita. Selain itu pada malam Lailatul Qadar, segala amalan dan ibadah kita juga akan dilipatgandakan pahalanya di banding hari biasa. Meski demikian, belum ada yang bisa memastikan kapan malam mulia itu turun.

Jakarta, EDITOR.ID,- Tanpa terasa kita telah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Momen yang tidak boleh kita tinggalkan untuk meningkatkan ibadah kita. Karena di 10 hari terakhir bulan Ramadhan terdapat malam Lailatul Qadar, malam mulia melebihi seribu bulan.

Momentum dimana Allah SWT akan mengabulkan doa dan permintaan kita. Selain itu pada malam Lailatul Qadar, segala amalan dan ibadah kita juga akan dilipatgandakan pahalanya di banding hari biasa. Meski demikian, belum ada yang bisa memastikan kapan malam mulia itu turun.

Berlangsungnya Lailatul Qadar masih menjadi rahasia Ilahi. Bahkan banyak hadis hanya menyebut malam istimewa ini jatuh pada 10 malam terakhir Ramadan.

Kerahasiaan ini ternyata mengandung maksud. Ini agar umat Islam semakin rajin beribadah di 10 malam terakhir demi meraih keberkahannya.

Menyambut Lailatul Qadar bisa dengan banyak cara. Bisa dengan membaca Alquran atau berzikir serta iktikaf di masjid.

Merangkum NU Online, keutamaan 10 malam terakhir Ramadhan dijelaskan dalam hadis riwayat Aisyah:

“Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadhan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah.”

Adapun tiga amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada 10 hari terakhir Ramadhan adalah memperbanyak sedekah, memastikan kebutuhan keluarga tercukupi dan berbuat baik pada kerabat juga tetangga.

Salah satu bentuk amalan yang bisa dilakukan adalah menyediakan makanan untuk buka puasa bagi orang yang sedang puasa, walaupun itu sekadar menyiapkan segelas air.

Selanjutnya adalah dengan tekun membaca Al Quran, hal ini disunahkan kapan saja dan di mana saja selain di tempat yang dilarang seperti kamar mandi atau toilet.

Imam An-Nawawi menjelaskan, membaca Al-Qur’an di akhir malam lebih utama daripada awal malam karena bisa lebih fokus. Adapun waktu membaca Al Quran di siang hari yang terbaik adalah setelah sholat subuh.

Kemudian melakukan i’tikaf di masjid selama 10 hari terakhir Ramadhan, sesuai dengan yang dilakukan Nabi Muhammad. Demikian penjelasan tentang doa akhir Ramadhan yang dibaca ketika memasuki 10 hari terakhir.

Selain berdzikir, bersedekah, membaca Al Qur’an, dan itikaf di masjid, di 10 hari terakhir pada malam bulan Ramadhan kita dianjurkan membaca doa yang menjadi harapan kita. Doa minta pengampunan dosa dan doa memohon kesehatan.

Nabi Muhammad mengajarkan pada kita untuk membaca doa akhir Ramadhan ketika memasuki 10 hari terakhir. Hal ini sesuai dengan riwayat Al Baihaqi yang menyebut tak akan ditolak doanya oleh Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: