Ganjar Bersimpuh Berdoa Tahlil di Pusara Walisongo, Dari Sunan Ampel Hingga Sunan Gresik

Jelang Ramadhan Ziarahi Makam Walisongo, Ganjar Ingin Mendapat Tauladan Bagaimana Walisongo membawa ajaran Islam dengan Teduh dan dapat diterima Kerajaan Majapahit yang saat itu mayoritas warganya belum memeluk Islam

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama istrinya Siti Atikoh, melantunkan tahlil dan doa di samping makam Syekh Ali Rahmatullah atau lebih dikenal Sunan Ampel , Surabaya, Jumat 17 Maret 2023. (Foto: Istimewa)

Gresik, EDITOR.ID,- Jelang memasuki bulan suci Ramadhan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjalankan tradisi menziarahi dan berdoa di makam Walisongo atau wali sembilan. Ganjar mendatangi makam Sunan Ampel, Sunan Gunungjati, Sunan Bonang hingga Sunan Gresik.

Selama setengah jam Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melantunkan tahlil dan doa di samping pusara Sunan Ampel, Surabaya pada Jumat malam, 17 Maret 2023.

Ziarah di makam sunan yang bernama asli Syekh Ali Rahmatullah ini, merupakan titik pertama dari rangkaian nyadran atau ziarah yang dilakukan Ganjar bersama istri, Siti Atikoh sebelum memasuki bulan Ramadan 1444 H.

Tiba di gerbang pemakaman pukul 20.25 WIB, Ganjar langsung dikerubungi peziarah yang ingin bersalaman. Alunan tahlil dan doa terdengar dari dua bagian komplek pemakaman, yakni bagian peziarah laki-laki dan peziarah perempuan.

Setelah mengambil wudhu, Ganjar langsung digandeng dua keturunan Sunan Ampel untuk memasuki area pemakaman keluarga inti Sunan Ampel yang menjadi bagian terdalam pemakaman.

Gus Abubakar, salah satu keturunan Sunan Ampel mengatakan itu adalah tempat ziarah paling istimewa.

“Tidak semua orang bisa masuk ke bagian ini. Alhamdulillah kita bisa mengantar Pak Ganjar sampai pada titik ini,” kata Gus Abubakar.

Ganjar langsung bersimpuh tepat di samping pusara Sunan Ampel dan melantunkan kalimat tasbih, serta tahlil yang dipimpin Gus Abubakar.

“Subhanallah wabihamdih, Subhanallahil ‘adzim. Laa ilaha illallah, laa ilaha illallah,” lantun Ganjar.

Begitu runtutan bacaan tahlil, Ganjar bersama istri mengamini doa-doa yang diungkapkan oleh Gus Abdul Muis Azis yang merupakan cicit pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri.

Usai berdoa, Ganjar menyampaikan ziarah ke makam Sunan Ampel ini merupakan rangkaian ziarah wali songo yang dilakukannya mulai Jumat hingga Minggu, 19 Maret 2023.

“Kita muslim Indonesia mengenal yang namanya tradisi nyadran sebelum Ramadan. Dan kami mengawali nyadran di makam Sunan Ampel,” ujar Ganjar.

Bagi Ganjar, Sunan Ampel merupakan salah satu sosok yang berjasa bagi kaum muslim Tanah Air. Terlebih dengan segala cara Sunan Ampel dalam berdakwah.

Mo Limo, lanjut Ganjar, merupakan salah satu ungkapan dakwah Sunan Ampel yang sampai saat ini masih sangat relevan. Mo Limo yang berarti tidak ingin (melakukan) lima (perkara) merupakan ungkapan Sunan Ampel yang bermaksud moh mabuk (tidak mau minum-minuman keras), moh main (tidak berjudi), moh madon (tidak berzina), moh madat (tidak mau menggunakan narkoba) dan moh maling (tidak mau mencuri).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: