Settia

Pengamat Teriak Pemerintah Lamban, Jokowi Hasilkan RS Corona

Presiden saat meninjau RS Darurat di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (1/4). (Foto: BPMI)

EDITOR.ID, Jakarta,- Ketika para pengamat sibuk nyinyirin Presiden Joko Widodo dengan tudingan lamban menangani wabah Corona, mantan Walikota Solo yang tak banyak bicara ini justru bergerak cepat. Dalam waktu singkat ia mampu membangun Rumah Sakit Khusus Corona di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Peluh keringat dan beban pikiran Jokowi untuk menyelamatkan rakyatnya dari wabah Corona tak sia-sia. Ia nyaris bekerja senyap. Orang nomor satu di Republik ini tak butuh pencitraan dan publikasi bagaimana tiap detik ia menuntaskan pekerjaan maha besar menangani ribuan pasien Corona.

Langkahnya memerintahkan tim PUPR membangun Rumah Sakit Corona pun membuahkan hasil dan karya besar. Seakan berpacu dengan sebaran virus Corona, sebuah RS yang dikerjakan dalam waktu yang sangat cepat dan membuat banyak kalangan berdecak kagum.

Tanpa gembar gembor, Rumah Sakit Corona yang dibangun atas perintah Jokowi sudah siap melayani pasien mulai Senin depan. Sebuah hasil pekerjaan yang patut kita apresiasi.

Bahkan Jokowi sendiri yang terjun langsung ke lapangan. Diam-diam ia terbang dengan pesawat Kepresidenan ke Pulau Galang. Disana Presiden ingin memastikan kesiapan Rumah Sakit (RS) Khusus Penanganan Virus Korona (Covid-19) di Pulau Galang, Kota Batam sudah siap untuk menghadapi wabah besar ini.

Tanpa banyak bicara, pembangunan fasilitas tersebut merupakan instruksi langsung Presiden Jokowi. Pada awal Maret 2020 lalu Jokowi minta jajaran terkait menuntaskan pekerjaan ini “diluar logika” sangat cepat dan ditargetkan dapat mulai beroperasi Senin depan.

“Ini maksimal (hari) Senin sudah bisa dioperasikan,” tutur Presiden kepada wartawan usai peninjauan.

Dalam menghadapi Corona Presiden Jokowi tak tanggung-tanggung. Ia menyiapkan Rumah Sakit besar berkapasitas ratusan pasien di tiga lokasi.

Fasilitas di Pulau Galang merupakan salah satu rumah sakit khusus untuk penanganan Covid-19 kedua yang disiapkan Jokowi.

Yang pertama Jokowi dengan cepat telah mengoperasikan RS serupa di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Rumah sakit ini mampu menampung ratusan pasien dengan puluhan tenaga dokter dan paramedis.

Jokowi benar-benar bekerja keras untuk menghambat penyebaran virus dan bagaimana ia harus menyelamatkan nyawa rakyatnya.

Presiden mengatakan bahwa sejumlah fasilitas tersebut dipersiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya.

Namun, ia berharap agar fasilitas yang ada tersebut nantinya tidak digunakan oleh karena meningkatnya pasien terpapar virus korona yang membutuhkan perawatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *