Pemuda (21) Ditangkap Terkait Dokumen Rahasia Tentang Upaya Rusia di Ukraina dan Spionase Sekutu AS

Pemuda (21) Jack Douglas Teixeira Ditangkap Terkait Dokumen Rahasia Tentang Upaya Rusia di Ukraina dan Spionase Sekutu AS

Massachusetts, Amerika Serikat, EDITOR.ID. Seorang U.S. Air National Guard (anggota muda Garda Nasional Udara) dari North Dighton, Massachusetts bernama lengkap, Jack Douglas Teixeira (21) dituduh oleh pengadilan federal Massachusetts, Amerika Serikat (AS) sebagai orang yang harus bertanggung jawab — atas sumber kebocoran intelijen tentang upaya Rusia di Ukraina dan diduga telah memata-matai sekutu AS untuk kepentingan Ukraina, kini yang bersangkutan harus menghadapi berbagai tuduhan berdasarkan Undang-Undang Spionase yang diberlakukan di negara AS.

Jack Douglas Teixeira dituduh membocorkan catatan intelijen militer rahasia secara online didakwa pada hari Jumat (14/4/2023) dengan menyalin dan mengirimkan materi rahasia secara tidak sah.

Sebagai anggota Garda Nasional Udara Massachusetts, Jack Douglas Teixeira satu hari sebelum dia dituduhkan, ditangkap pada hari, Kamis (13/4/2023) — dengan alasan kegiatan spionase, setelah pihak yang berwewenang dalam hal ini FBI sebagai pihak yang berwenang — mengklaim telah mencari sumber kebocoran tersebut, setelah menelusuri penyidikan dan menemukan bukti awal adanya kebocoran rahasia terhadap dokumen secara online.

Jack Douglas Teixeira, ditangkap oleh agen FBI bersenjata berat di rumahnya di North Dighton
pada hari Kamis, muncul untuk pertama kalinya di pengadilan federal yang ramai dengan mengenakan pakaian terusan berwarna coklat.

Melansir dari NBC News dan tayangan video Newsmax melaporkan, pihak yang berwewenang Merrick Garland menyatakan perkembangan terbaru kasus kebocoran data rahasia ratusan halaman intelijen tentang upaya Rusia di Ukraina dan memata-matai sekutu AS.

“Departemen Kehakiman menangkap Jack Douglas Teixeira sehubungan dengan penyelidikan atas dugaan penghapusan, penyimpanan, dan transmisi informasi rahasia pertahanan nasional yang tidak sah. Jack Douglas Teixeira adalah pegawai Garda Nasional Angkatan Udara Amerika Serikat,” kata Merrick Garland dalam konferensi pers yang ditayangkan segera luas di Newmax.

Kebocoran ini mengungkap potensi ratusan halaman intelijen tentang upaya Rusia di Ukraina dan memata-matai sekutu AS.

Merrick Garland secara tegas menyebut,
Jack Douglas Teixeira merupakan anggota Penerbang yang diduga membocorkan dokumen rahasia AS tersebut dan yang bersangkutan ditangkap dan dikenai dakwaan pengadilan federal Massachusetts.

Terlepas dari posisinya yang masih sangat junior, namun terduga Jack Douglas Teixeira memiliki akses ke informasi rahasia di jaringan komputer Departemen Pertahanan internal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: