Pemuda (21) Ditangkap Terkait Dokumen Rahasia Tentang Upaya Rusia di Ukraina dan Spionase Sekutu AS

Pemuda (21) Jack Douglas Teixeira Ditangkap Terkait Dokumen Rahasia Tentang Upaya Rusia di Ukraina dan Spionase Sekutu AS

Karena pembocor memiliki akses ke informasi sensitif, termasuk catatan yang menunjukkan rincian yang diklaim tentang kerentanan militer Ukraina dan mempermalukan Washington dengan mengungkapkan tindakan mata-matanya terhadap sekutu.

Dampak dari bocornya rahasia militer AS tersebut, telah mengguncang Washington.

Pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer telah meminta pengarahan untuk semua 100 senator minggu depan, sementara Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy berjanji untuk menyelidiki.

“Pemerintahan Biden gagal mengamankan informasi rahasia,” kata McCarthy di Twitter.

“Melalui komite kami, Kongres akan mendapatkan jawaban mengapa mereka tertidur saat peralihan.”

Namun Biden mengatakan, bahwa pemerintahan Biden telah mengambil langkah-langkah untuk memperketat keamanan.

“Sementara kami masih menentukan keabsahan dokumen-dokumen itu, saya telah mengarahkan komunitas militer dan intelijen kami untuk mengambil langkah-langkah untuk lebih mengamankan dan membatasi distribusi informasi sensitif,” lanjut Biden dalam pernyataannya.

Tuntutan pidana terhadap pembocor rahasia negara

Pada hari Jumat (14/4/2023) menuntut Jack Douglas Teixeira (21) dengan satu dakwaan melanggar Undang-Undang Spionase terkait dengan penyalinan dan pengiriman materi pertahanan yang sensitif secara tidak sah, dan dakwaan kedua terkait dengan pemindahan materi pertahanan yang melanggar hukum ke lokasi yang tidak sah. Keyakinan atas tuduhan Undang-Undang Spionase dituntut dengan hukuman hingga 10 tahun penjara.

Tuduhan tersebut terkait dengan hanya satu dokumen yang bocor sejauh ini, sebuah catatan rahasia yang menggambarkan status konflik Rusia-Ukraina dan termasuk rincian tentang pergerakan pasukan pada tanggal tertentu.

Para ahli mengharapkan lebih banyak dakwaan karena penyelidik memeriksa setiap dokumen yang bocor.

Jack Douglas Teixeira juga diperkirakan akan banyak menghadapi tuntutan Jaksa penuntut umum tergantung sudah berapa kali dia mengunggah dan mengirimkan setiap dokumen secara terpisah.

“Mereka akan memilih satu (dokumen), saya bayangkan, yang telah dilihat oleh pemerintah asing,” kata Stephanie Siegmann, mantan kepala keamanan nasional untuk kantor Kejaksaan AS di Boston dan sekarang bermitra dengan firma hukum Hinckley Allen.

Dalam pernyataan tersumpah, seorang agen FBI mengatakan bahwa pembocor, Jack Douglas Teixeira telah diberi mandat dan memegang izin keamanan rahasia sejak 2021, dan juga memiliki akses kompartemen sensitif ke program rahasia lainnya.

Sejak Mei 2022, tambah FBI, Jack Douglas Teixeira telah bertugas sebagai E-3/airman first class di Air National Guard dan ditempatkan di Otis Air National Guard Base di Massachusetts.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: