Tak Punya Teman Politik PDIP Terancam Kesepian Dalam Bangun Koalisi Capres

KIB Tolak Tawaran PDIP Buka Wacana Koalisi Baru, Golkar Tegaskan KIB Sangat Solid dan Tak Mau Dipecah

Jakarta, EDITOR.ID, Hingga saat ini PDI Perjuangan masih menjadi satu-satunya partai yang tak punya teman politik dalam membangun koalisi dengan parpol lain untuk mengusung capres cawapres di Pemilihan Presiden 2024.

Hal ini terjadi usai safari politik yang dilakukan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Politik Puan Maharani dengan mendatangi para pimpinan parpol yakni Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar, gagal menggaet para elit parpol itu bersedia bersama PDIP di koalisi Capres 2024.

Meski gagal mempunyai teman politik dalam koalisi, namun PDIP tetap tak patah semangat. Upaya partai banteng moncong putih menggalang koalisi dan mencari teman terus digaungkan.

Terbaru melalui salah satu petinggi PDIP yakni Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Syaiful Hidayat kembali merayu parpol. Mantan Gubernur DKI ini mengajak parpol dan PDIP berusaha mencari teman politik. PDIP siap membuka gagasan untuk membangun koalisi baru.

Djarot mengatakan partainya membuka diri mengajak untuk berkoalisi dengan sejumlah parpol, terutama partai pendukung pemerintah.

Sebagaimana diketahui hingga saat ini koalisi parpol menjelang pencapresan 2024 sudah mulai mengerucut dan sulit dipecah. Pasalnya, ketiga koalisi telah memenuhi syarat untuk mengajukan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden.

Mereka adalah :

1. Koalisi Perubahan
Koalisi Perubahan beranggotakan Partai Nasdem, Demokrat dan PKS. Koalisi ini sudah bertekad bulat akan mengusung Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Koalisi ini tinggal mencari Calon pendamping Anies Baswedan.

2. Koalisi Indonesia Raya
Koalisi Indonesia Raya beranggotakan Partai Gerindra dan PKB. Koalisi ini juga sudah bertekad dan harga mati mengusung Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai Capres 2024. Koalisi Indonesia Raya tinggal mencari cawapres.

3. Koalisi Indonesia Bersatu
Koalisi Indonesia Bersatu beranggotakan Partai Golkar, PPP dan PAN. Koalisi ini masih mencari figur siapa yang akan diusung dalam Pilpres 2024. Ada dua nama yang akan diusung yakni Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto. Sementara untuk cawapresnya muncul nama Erick Thohir.

4. PDI Perjuangan

Dalam menuju Pilpres 2024 hingga saat ini PDI Perjuangan yang belum memiliki teman koalisi alias kesepian. Gerakan Safari Politik yang dilakukan Puan Maharani beberapa waktu lalu mengunjungi ketum parpol diantaranya Surya Paloh, Airlangga Hartarto dan Muhaimin Iskandar tak mampu menyakinkan parpol-parpol tersebut untuk bersedia menjalin hubungan politik dalam satu gerbong dengan PDI Perjuangan untuk mengusung capres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: