Guru Perlu Ditraining Ajari Siswa Belajar Online

EDITOR. ID, Banyumas – Pandemi Covid – 19 memaksa ratusan ribu pelajar dan guru  Banyumas untuk menjalani proses belajar mengajar dari rumah. Sementara, hingga saat ini belum ada kepastian pandemi Covid – 19 berakhir dan belum ada solusi kurikulum untuk mengajar dari rumah.

Sementara ini, banyak pendidik yang tiba-tiba jadi “gagap mengajar” disebabkan  karena harus mengubah cara mengajar secara drastis dari tatap muka menjadi cara daring.

Untuk mengatasi kecanggungan yang dialami para guru, Koordinator Wilayah Kecamatan Dinas Pendidikan (Korwilcam Dindik) Karanglewas Daerah Binaan 2 (Dabin 2), menggelar kegiatan Bimbingan dan Pelatihan (Bimlat) Profesional Guru Rabu-Jumat 12 hingga 14 Agustus 2020.

Menurut Sumarsono, S.P.d hal tesebut dinilai penting untuk membekali para pendidik dengan pedagogi yang terkait erat dengan pemanfaatan teknologi.

Lebih lanjut, kata Sumarsono Bimlat Penggunaan Aplikasi Google dan Penyusunan Bahan Ajar Pembelajaran Daring, bagi guru kelas rendah, kelas tinggi dan guru mata pelajaran tersebut dipusatkan di aula SDN Jipang Korwilcam Dindik Karanglewas, kabupaten Banyumas.

Ketua Panitia Bimlat, Sumarso, S.Pd mengatakan  tujuan kegiatan tersebut juga  untuk menambah dan memperlancar kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring), yang sudah biasa dilaksanakan di lingkungan pendidikan di situasi Work From Office (WFO) saat ini.

Bimlat diikuti oleh 44 guru yang terdiri dari 4 orang perwakilan dari 11 sekolah dan dilaksanakan dengan protokoler lengkap sesuai standard World Healt Organisastion ( WHO ).

“Ada 5 materi dalam bimlat ini diantaranya Kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, oleh Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Banyumas, Ibu Irawati,SE, Materi ke 2 dan 3 adalah Pembuatan Video Pembelajaran oleh Risdianto Hermawan, M.Pd dan Google Class room Yutube Streaming oleh Ilham Nur Ramli, S.Pd, ” jelas Sumarso, Kamis (13/08/2020).

Sedangkan materi ke 4 dan 5 adalah Penyusunan Modul Pembelajaran oleh Tugiono, M.Pd dan Materi Google Form oleh anggota guru penggerak Indah Susanti, S.Pd.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan jabupaten Banyumas,  Irawati, SE, menegaskan bahwa Pembelajaran di Kabupaten Banyumas masih Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) atau daring, belum tatap muka. Namun beliau juga mewanti – wanti, pembelajaran daring, jangan terlalu membebani anak / siswa.

“Titik beratkan pembelajaran karakter pada siswa agar hidup bersih dan sehat,” tegasnya.

Diwaktu yang sama Koordinator Korwilcam Dindik Karanglewas, Panji Agus Triharso, S.Pd. M.Pd menyambut baik kegiatan Bimkat ini. Sebab selain bisa menambah ketrampilan guru dalam pembelajaran daring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: