Tangannya Sudah Sembuh, Maarten Paes Diturunkan Lawan Bahrain, Suporter Timnas Lega

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Turunkan Maarten Paes, Kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari Kembali Cadangan

Kiper Timnas Indonesia Maarten Paes Foto Instagram @maartenpaes

Jakarta, EDITOR.ID,- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan kepastian akan menurunkan Maarten Paes mengawal mistar gawang Timnas Indonesia. Setelah tim dokter memeriksa, kondisi terbaru penjaga gawang FC Dalas Liga Amerika itu sudah pulih cedera tangannya dan siap dimainkan.

Pelatih asal Korea Selatan itu memastikan sang penjaga gawang sudah siap untuk bermain pada matchday ketiga grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Turunnya Maarten Paes membuat suporter Timnas Indonesia lega dan merasa pede gawang Garuda akan dijaga ketat kiper kelahiran Belanda itu.

Kepastian itu disampaikan oleh Shin Tae-yong dalam konferensi pers sehari jelang pertandingan, Rabu (9/10). Dia menyebut Maarten Paes akan bermain kontra Bahrain.

“Untuk (kondisi) Maarten Paes, seratus persen dia akan bermain melawan Bahrain,” kata Shin Tae-yong di Stadion Nasional Bahrain, Riffa.

Kondisi Maarten Paes memang terus jadi teka-teki dan menimbulkan banyak tanda tanya dalam sepekan terakhir. Pasalnya, dia menderita cedera pergelangan tangan pada 3 September lalu saat FC Dallas akan berhadapan dengan San Jose Earthquakes di laga lanjutan Major League Soccer (MLS) 2024.

Meski disebut cedera ringan, tapi Maarten Paes sampai menggunakan wrist protector atau pelindung pergelangan tangan.
Selain itu, dia juga masih absen ketika FC Dallas menantang Portland Timbers pada Minggu (6/10) malam waktu setempat atau Senin (7/10/2024) pagi WIB.

Padahal Maarten Paes sempat kedapatan kembali mengikuti latihan lagi. Itu seolah jadi sinyal bahwa kondisi kiper berusia 26 tahun itu sudah membaik, bahkan pulih sepenuhnya.

Kemudian saat Maarten Paes tiba dan mengikuti latihan perdana bareng Timans Indoneaia di Bahrain pada Selasa (8/10), Shin Tae-yong mengabarkan bahwa kondisi Paes masih belum pulih sepenuhnya.

Persentase Maarten Paes bermain pun hanya 70 persen. Namun, semua itu tak berarti lagi karena perkembangan terbaru, Shin Tae-yong memastikan bahwa dia sudah siap untuk bermain.

Dengan demikian tak ada lagi teka-teki soal penjaga gawang Timnas Indonesia untuk melawan Bahrain. Kesempatan dua kiper Garuda lain yang sebelumnya disiapkan, Ernando Ari Sutaryadi dan Nadeo Argawinata untuk diturunkan menipis. Mereka kemungkinan hanya akan duduk di bangku cadangan.

Lebih lanjut Shin Tae-yong juga berbicara mengenai kondisi Timnas Indonesia secara keseluruhan. Dia menyebut semua dalam keadaan siap tempur melawan Bahrain di Stadion Nasional Bahrain, Riffa pada Kamis (10/10) malam.

“Saya berharap pemain bisa enjoy di pertandingan besok, semoga pemain bisa mengeluarkan energinya saat bertanding. Saya juga tekankan kepada mereka pada saat sesi latihan harus bisa tenang,” pungkas Shin Tae-yong. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: