Jajak Pendapat SMRC: Ganjar Kembali Menguat Anies Stagnan

Menurut Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dalam simulasi top of mind, Ganjar Pranowo berhasil meraih dukungan sebesar 16,5 persen, hanya sedikit di bawah perolehan suara Prabowo Subianto yang mencapai 16,3 persen.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Foto Diskominfo Jateng

Jakarta, EDITOR.ID,- Dukungan publik terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menguat jika maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 setelah sempat mengalami kemerosotan akibat dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Hasil survei terbaru dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada 15 April 2023, menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo, semakin meningkat.

Survei ini dilakukan pada pada 11-14 April 2023 dengan metode wawancara melalui telepon.

Menurut Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dalam simulasi top of mind, Ganjar Pranowo berhasil meraih dukungan sebesar 16,5 persen, hanya sedikit di bawah perolehan suara Prabowo Subianto yang mencapai 16,3 persen.

Di urutan selanjutnya, terdapat Anies Baswedan dengan perolehan suara 9,8 persen, Joko Widodo 9,2 persen, Ridwan Kamil 1,6 persen, dan nama-nama lainnya di bawah 1 persen.

Meski demikian, masih terdapat 42,2 persen responden yang belum memberikan jawaban.

“Ada peningkatan suara Ganjar dari 13 persen di minggu pertama April 2023 menjadi 16,5 persen di minggu kedua April 2023. Sementara Prabowo mengalami pelemahan dari 18,3 persen menjadi 16,3 persen di periode yang sama. Sementara suara Anies relatif stagnan, bergerak dari 10,7 persen,” ujar Deni Irvani dalam keterangannya, Sabtu (15/4/2023).

Dukungan terhadap Ganjar Pranowo, lanjut Deni, makin meningkat menjadi 24,3 persen dalam format semi terbuka dengan daftar 30 nama dan kesempatan bagi responden untuk menyebutkan nama lain di luar daftar tersebut.

Kemudian disusul Prabowo 22,5 persen; Anies 15 persen; Ridwan Kamil 6,8 persen; Erick Thohir 2,8 persen; Mahfud MD 2,8 persen; Sandiaga Uno 2,3 persen; dan nama-nama lain di bawah 2 persen. Masih ada 14,6 persen yang belum menjawab.

Sementara dalam simulasi 6 nama, Ganjar Pranowo tetap memimpin dengan perolehan suara sebesar 26,8 persen.

Kemudian diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 25,4 persen, Anies Baswedan 16,7 persen, Ridwan Kamil 13,8 persen, Mahfud MD 4,1 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen.

Masih ada 11,1 persen pemilih yang belum menjawab.

“Secara keseluruhan, suara Ganjar yang sempat turun mulai kembali menguat. Dukungan publik pada Ganjar mulai pulih,” jelas Deni.

Sasaran survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau telah menikah dan memiliki telepon. Jumlah responden sebanyak 1216 dipilih menggunakan metode random digit dialing (RDD) yang telah divalidasi dan diskrining. Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: