Serem! Ada 15 Pistol Glock dan Laras Panjang di Rumah Dito Mahendra Saat Digeledah KPK, Siapa Dia?

Rumah Dito digeledah KPK karena ia diduga menjadi orang yang menampung "uang haram" atau tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari mantan Sekretaris Mahkamah Agung, Nurhadi yang divonis terlibat korupsi dan suap.

Ilustrasi Pistol Glock

Jakarta, EDITOR.ID,- Sosok Dito Mahendra diduga bukan orang sembarangan. Saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumahnya, terkejut! Ditemukan 15 pucuk senjata api. Senjata itu terdiri dari 5 pistol jenis Glock, satu pistol S&W, satu pistol gimber micro, serta 8 senjata api laras panjang

Rumah Dito digeledah KPK karena ia diduga menjadi orang yang menampung “uang haram” atau tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari mantan Sekretaris Mahkamah Agung, Nurhadi yang divonis terlibat korupsi dan suap.

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, penggeledahan dilakukan di rumah Dito yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (13/3/2023).

“Terkait perkara dugaan korupsi dan TPPU tersangka NHD,” ujar Ali saat ditemui awak media di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (17/3/2023).

“Dalam penggeledahan tersebut benar tim menemukan 15 pucuk senjata api berbagai jenis,” tambahnya.

Lebih lanjut Ali mengungkapkan, 15 senjata api itu terdiri dari beberapa jenis. Lima senjata api di antaranya berjenis Glock. Satu pistol S & W, satu pistol Kimber Micro, serta delapan senjata api laras panjang.

“Lima pistol berjenis Glock, satu pistol S&W, satu pistol kimber micro, serta 8 senjata api laras panjang,” paparnya.

Menurut Ali Fikri, penyidik akan mendalami lebih lanjut mengenai kepemilikan senjata api tersebut. Termasuk di antaranya adalah apakah senjata api itu masih terkait dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Karena kita tahu modus TPPU saat ini begitu kompleks,” ujar Ali.

Ali Fikri menjelaskan, saat ini pelaku tindak pidana korupsi menyamarkan uang hasil kejahatannya dengan berbagai cara.

Lebih lanjut, KPK telah berkoordinasi dengan Polri terkait temuan 15 pucuk senjata api tersebut.

“Langkah KPK saat ini tentu sudah berkoordinasi dengan pihak Polri terkait dengan temuan senjata tadi 15 pucuk senjata yang ditemukan di tempat penggeledahan tadi,” papar Juru bicara berlatar belakang jaksa itu.

Dito Ditanya soal Aliran Uang dari Nurhadi

Dito sebelumnya telah dipanggil penyidik KPK hingga lebih dari tiga kali untuk dimintai keterangan mengenai dugaan TPPU yang menjerat mantan Sekretaris MA Nurhadi sebagai tersangka.

Dito disinyalir mengetahui aliran uang dari Nurhadi di kasus TPPU tersebut.

“Apa yang didalami saksi ini antara lain terkait dengan pengetahuan saksi ini mengenai dugaan adanya aliran dana. Tentu ini berkaitan dengan tersangka NHD dkk yang sebelumnya sudah divonis oleh pengadilan,” ujar Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (7/2/2023).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: