Dahsyattt, FE Unima Cetak 20 Wirausaha Muda Berbakat

  • Bagikan
dr. grace jenny soputan msi, bersama para mahasiswanya yang telah sukses menjadi wirausaha (ist
dr. grace jenny soputan msi, bersama para mahasiswanya yang telah sukses menjadi wirausaha (ist

EDITOR.ID, Tondano,- Luar biasa! Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado (FE Unima) terus berinovasi dan membangun hal baru dalam upaya membekali lulusannya agar siap berkarya di masyarakat.

Salah satunya mengajari para mahasiswanya menjadi wirausaha. Tujuannya, untuk memberikan bekal ketika mereka lulus mereka agar lebih survival. Tak menggantungkan hidup dari menjadi pekerja. Tapi mampu membuka lapangan kerja.

Setelah membentuk, mengarahkan, membina intensif selama 2019 hingga 2021, tiga dosen Unima akhirnya berhasil melahirkan 20 wirausahawan muda dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado (FE Unima) di Tondano.

Kegiatan yang disebut Program Pengembangan Kewirausahaan dilaksanakan dengan baik dan sukses pada 2019, 2020 dan tahun 2021 di Kampus Unima Tondano.

Pada tahun terakhir 2021 (dari tiga tahun program) lahir wirausahawan baru sebanyak sembilan orang.

Mereka terdiri dari perseorangan sebanyak lima mahasiswa, dan empat lainnya tergabung dalam dua kelompok usaha.

Empat wirausahawan muda perorangan yang lahir 2021 adalah Mita memilih bidang usaha kuliner (roti burger & kentang goreng), Novrianti bidang usaha kerajinan tenun, Dewi Sartika bidang usaha Kwetiau Goreng, Renaldy Seroy bidang usaha kerajinan Gerabah, Klauria Karinong bidang usaha kerajinan daur ulang.

Sedangkan empat mahasiswa yang membentuk dua kelompok usaha adalah Gauri Chandra Sitogang dan Jonathan S Manurung bidang usaha Minuman Cocktail sebagai kelompok pertama. .

Kelompok kedua adalah mahasiswa Kelvin Buli dan Jansen Pangaribuan bidang usaha minuman kekinian yang dikenal dengan Boba, .

Guna menunjukkan kinerjanya, para wirausahawan muda itu, memamerkan karya mereka dalam FE-Unima Expo 2021 di Kampus FE Unima Tondano pada Selasa, 12 Oktober 2021.

Pameran yang menghadirkan 43 stand peserta dihadiri dan dibuka Rektor Unima Prof. Dr. Deitje A Katuuk, MPd didampingi Dekan FE Unima Prof.Dr. Tinneke E.M. Sumual, MS.

Kerja Keras Membuahkan Hasil

Dr. Grace Jenny Soputan MSi, selaku penanggungjawab Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) FE Unima 2019-2021, bersyukur bahwa upaya melahirkan wirausahawan muda yang bersumber dari mahasiswa FE Unima, membuahkan hasil.

mahasiswa fe unima menunjukkan produk wirausahanya (ist)
mahasiswa fe unima menunjukkan produk wirausahanya (ist)

“Kegiatan PPK di Fakultas Ekonomi Unima ini kami rintis sejak 2019 dan mendapatkan dukungan Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti,” ujar Grace Jenny Soputan, dosen mata kuliah Kewirausahaan di Unima.

Selain Soputan selaku ketua, dosen lainnya yang terlibat dalam PPK ini adalah Dr. Nova Ch. Mamuaya (dosen FE Unima), Made Krisnanda ST MT. (dosen mata kuliah Pemprograman Internet, Fakultas Teknik Unima)

Atas terlaksananya PPK FE Unima 2019 hingga 2021, Grace Jenny Soputan menghaturkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas dukungan yang luar biasa dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Dikti Kemendikbudristek

“Dukungan luar biasa Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat selama tiga tahun berturut, membuahkan hasil yaitu 20 mahasiswa dientaskan menjadi wirusahawan muda. Semoga program seperti ini berlanjut terus di tahun yang akan datang,” ujar Grace Jenny Soputan, alumni Pasca Sarjana Universitas Padjadjaran Bandung dan Pasca Sarjana Univeritas Negeri Jakarta ini.

Dimulai Sejak 2019 dan 2020

Sebelum tahun 2021, yaitu pada PPK FE Unima tahap pertama tahun 2019, para dosen mengentaskan lima mahasiswa.

Kemudian, tahap kedua pada tahun 2020 telah melahirkan enam mahasiswa menjadi wirausahawan muda mandiri.

mahasiswa fe unima memamerkan produk wirausahanya
mahasiswa fe unima memamerkan produk wirausahanya

Capaian di tahun 2019 dan 2020, bidang usaha yang mahasiswa tekuni, antara lain kerajinan gerabah, multi fungsi, daur ulang barang bekas dan kuliner (roti burger, minuman kekinian seperti kopi, boba dll).

Kendati dilanda Pandemi Covid-19, para mahasiswa terus berupaya dalam segala hambatan dan tantangan hingga kini.

Mengomentari suksesnya kegiatan multiyears PPK tersebut, Dekan FE Unima Prof Dr. Tinneke Sumual MS menyatakan, PPK sangat penting untuk memacu kreatifitas dan inovasi mahasiswa.

Melalui program ini, kata Prof Tinneke, mahasiswa terbentuk menjadi wirausahawan muda.

Upaya ini memberi sumbangsih bagi terbukanya lapangan kerja, membantu proses pengurangan kemiskinan, dan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Manfaat bagi Perguruan Tinggi, PPK ini berdampak pada pencapaian target-target Indikator Kinerja Utama (IKU),” ungkap Prof Dr, Tinneke Sumual MS, Dekan FE Unima
Rektor Unima Prof. Dr Detje A Katuuk MPd memberikan apresiasi positif atas terobosan FE Unima yang ikut memamerkan karya para mahasiswa dalam Expo FE Unima 2021.

”Salut buat Fakultas Ekonomi Unima. Ini kado istimewa buat Dies Natalis Unima pada Oktober 2021 ini,” ujar ibu rektor.

Antusiasme Rektor yang tinggi beliau mendatangi satu per satu stand dan mencicipi produk kuliner yang dipamerkan oleh 40 kelompok peserta expo. (fer)

 137 Total Pengunjung,  2 Pembaca Hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan