Belum Ada Yang Dukung, Edy Rahmayadi Kalah Sebelum Berperang

Kini dari 10 partai politik pemilik kursi di DPRD Sumut, 7 di antaranya telah memberikan dukungan kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju sebagai cagub di Pilgub Sumut 2024.

Mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean)

Medan, Sumut, EDITOR.ID,- Nasib pencalonan mantan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kian tak jelas. Karena hingga saat ini Edy belum mendapat satupun surat rekomendasi dari partai politik. Bahkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menjadi harapannya, kini justru berbalik arah mengusung pesaingnya, Walikota Medan Bobby Afif Nasution.

Edy Rahmayadi terancam kandas maju sebagai calon gubernur di Pilgub Sumut 2024. Edy kalah sebelum berperang. Karena Edy belum juga mendapatkan tiket dari partai politik mana pun untuk maju dalam Pilgub Sumut 2024.

Anehnya, seluruh partai koalisi pengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pilpres 2024 tidak mengusung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024. Terbaru PKS mengumumkan secara resmi mendukung Bobby Nasution. Padahal Edy merupakan Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) AMIN di Sumut saat itu.

Kini dari 10 partai politik pemilik kursi di DPRD Sumut, 7 di antaranya telah memberikan dukungan kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju sebagai cagub di Pilgub Sumut 2024.

Ketujuh partai tersebut yaitu PKS, Golkar, Gerindra, PAN, Demokrat, PKB, dan NasDem. Mereka telah memenuhi syarat untuk mengusung Bobby karena memiliki total 62 kursi DPRD.

Partai pengusung AMIN sendiri adalah NasDem, PKB, dan PKS. NasDem menjadi partai pertama yang menyatakan sikap tidak mendukung Edy dan memilih Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk dijagokan.

Setelah NasDem, PKB kemudian mengusung Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024. Dukungan itu diserahkan Waketum PKB Jazilul Fawaid ke Bobby di awal bulan Juli.

“Dalam SK itu Mas Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai calon gubernur Sumatera Utara tapi wakilnya belum, dan juga nanti akan diputuskan bersama parpol koalisi yang diusung Mas Bobby, PKB, Gerindra, Golkar, NasDem, PAN, Demokrat, PPP, jadi banyak artinya ini koalisi besar super koalisi,” kata Jazilul di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Terbaru, PKS pun akhirnya tidak mendukung Edy di Pilgub Sumut meskipun Presiden PKS Ahmad Syaikhu baru ketemu Edy di Medan. PKS lebih memilih mengusung Bobby Nasution di Pilgub Sumut.

Dukungan PKS ke Bobby berpasangan dengan Bupati Asahan Surya, diserahkan langsung oleh Syaikhu di Kantor DPP PKS. Ketua Bidang Humas DPP PKS Ahmad Mabruri membenar soal penyerahan rekomendasi tersebut.

“Iya tadi sore jam 17.00 WIB di DPP PKS,” kata Ahmad Mabruri saat dihubungi, Jumat (2/8).

Dengan demikian, Edy hanya bisa berharap diusung oleh PDIP, Hanura, PPP, dan Perindo untuk bisa melaju di Pilgub Sumut. Ketiga partai itu hingga saat ini belum menyatakan dukungannya di Pilgub Sumut 2024.

Mungkinkah PDIP Usung Edy Rahmayadi

Kondisi tersebut membuat harapan satu-satunya Edy untuk maju di Pilgub Sumut hanya bergantung dari keputusan DPP PDIP. Akankah PDIP berminat mencalonkan Edy yang notabene bukan kadernya dan tidak pernah mengikuti sekolah politik di PDIP?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: