Film The Santri, Antara Yusuf Mansyur dengan Ustaz Abdul Somad Ada Apa?

EDITOR.ID, Jakarta,- Pendakwah nasional, Ustaz Yusuf Mansur menjadi bahan perbincangan hangat netizen. Hal itu berkaitan unggahan pandangannya soal sikap toleransi dan menghargai keberagaman pendapat ulama. Masalah ini sempat bikin riuh dan mendapat tanggapan beragam dari netizen.

Ustaz Yusuf Mansur belum lama ini mengunggah sebuah screenshoot perbincangan dia dengan ulama Nahdlatul Ulama, Prof KH Nadirsyah Hosen.

Perbincangan Ustad Yusuf Mansyur dengan tokoh Rais Syuriah PCI Nahdlatul Ulama Australia-New Zealand yang diposting itu menjadi ramai karena yang dibahas kedua tokoh intelektual muslim itu soal hukumnya seorang muslim memasuki tempat ibadah umat lain.

Berikut caption unggahan Ustaz Yusuf Mansyur dalam instagramnya:

“Demikianlah penjelasan dari kitab klasik yang otoritatif agar kita tidak memahami persoalan ini dengan emosi dan mudah mengkafirkan atau memurtadkan saudara kita yang masuk ke dalam gereja. Ini bukan jawaban orang liberal, syi’ah, orientalis, sekuler atau sebagainya. Ini murni jawaban dari kitab fiqh berdasarkan pendapat para ulama, dan praktek Nabi Saw dan para sahabat. Mari kita hormati keragaman pendapat ulama,” papar Yusuf.

Unggahan itu kini mendapat 21 ribuan likes. Namun juga membuat netizen riuh.

“Itu kata prof ente, cari terus pembenarannn… Ummat udah pinter, ada UAH & UAS,” tulis f*dhly_keima.

Tapi ada yang membela postingan Yusuf Mansyur, netizen yang sepandangan dengan dia. “Alhamdulillah, ini ulama adem, tambah ilmu lagi,” komentar ekabuanaputr* yang pro dengan Yusuf.

Meski hasilnya, ada pro kontra penilaian terhadap pandangan Nadirsyah Hosen, namun Yusuf mengatakan bahwa jangan sembarangan memurtadkan seseorang.

Netizen pun riuh menyinggung ustaz Abdul Somad dan ustaz Adi Hidayat.

Kenapa nama Ustaz Abdul Somad ditarik-tarik dalam masalah ini? Karena sebelumnya, Ustaz Abdul Somad mengkritik keras Film The Santri yang dibintangi anak Yusuf Mansur, Wirda Mansur. Terutama terkait cuplikan film yang mengisahkan santri masuk ke tempat ibadah agama lain.

Tak begitu lama kemudian, Ustaz Yusuf Mansur langsung menanggapi komentar Ustaz Abdul Somad tersebut melalui akun medsosnya.

Yusuf Mansur berpendapat ada empat hal yang bisa dipetik dari komentar UAS dan Buya Yahya terkait Film The Santri, yaitu ilmu, silaturahim, pengetahuan, dan tambah guru.

Saat membuat status menanggapi UAS di akun medsosnya, Yusuf Mansur juga mengunggah komentar sejumlah ulama untuk memberikan perspektif lain dari sudut fiqih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: