Settia

Pertahankan Trophy El Merengues Cetak Sejarah Liga Champions

Cardiff, EDITOR.ID,- Real Madrid mencetak sejarah sebagai klub terkuat sepanjang dua kompetisi elit Liga klub-klub Eropa. Klub raksasa asal Spanyol itu menjadi tim pertama yang bisa meraih gelar juara secara beruntun pada era Liga Champions. Los Galaticos berhasil mempertahankan gelar sekaligus menjuarai juara Liga Champions 2016-2017 setelah menang 4-1 atas Juventus pada pertandingan final di Stadion Millenium, Sabtu (3/6/2017) atau Minggu dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo menjadi bintang pada laga ini. Dia mencetak dua gol Real Madrid ke gawang Gianluigi Buffon pada menit ke-20 dan ke-64.

Dua gol pasukan Zinedine Zidane lainnya dicetak oleh Casemiro (61′) dan Marco Asensio (90′). Adapun gol balasan Juventus dibukukan Mario Mandzukic (27′).

Inilah gelar ke-12 Real Madrid sepanjang sejarah Piala Champions dan Liga Champions. Khusus Liga Champions, pasukan Zinedine Zidane menjadi klub pertama yang bisa mempertahankan gelar juara. Secara keseluruhan, El Real telah mengoleksi 12 trofi Si Kuping Besar.

Sebelumnya, sudah ada beberapa klub yang mencoba mempertahankan gelar juara namun gagal. Mereka adalah AC Milan (1995), Ajax Amsterdam (1996), Juventus (1997), Manchester United (2009).

Klub terakhir yang bisa juara dua kali beruntun adalah AC Milan pada 1989 dan 1990. Catatan apik pasukan Arrigo Sacchi saat masih berkompetisi di Piala Champions itu bisa disamakan oleh skuad Zidane musim ini. (ian)

Leave a Reply