Bocoran Susunan Kabinet Prabowo-Gibran, Siapa Saja!

Jumlah menteri di pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming akan lebih banyak dari era Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dasco menyebut jumlah menteri persisnya belum dapat dipastikan.

Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka

Jakarta, EDITOR.ID,- Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tinggal menunggu hari. Transisi jalannya pemerintahan ke depan sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, mulai dari konsolidasi politik, payung hukum program pemerintahan baru hingga penyusunan menteri pembantu Presiden.

Tim Prabowo-Gibran diam-diam ternyata sudah menggodok nama-nama calon menteri yang akan duduk di Kabinet Prabowo-Gibran pada 2024-2029. Dari nama-nama yang muncul, sebagian didominasi orang ring satu Prabowo dan kalangan profesional. Jatah partai politik tidak terlalu signifikan.

Sehingga sosok calon Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran hingga kini menjadi perbincangan hangat. Bocoran terbaru susunan Kabinet Prabowo-Gibran menjelang pelantikan Presiden sudah beredar ke publik. Kriteria sudah ditentukan.

Prabowo tak mau salah pilih mengangkat menteri pembantunya di era pemerintahannya. Penjaringan menteri dilakukan sebelum Prabowo dan Gibran dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10/2024).

Prabowo dan partai pendukungnya di Koalisi Indonesia Maju (KIM) memang belum membeberkan siapa saja yang akan ditunjuk menjadi menteri dan berapa pembagian kursi untuk masing-masing partai. Namun, bocoran kabinet Prabowo dan kisi-kisi susunan menteri ke depannya sudah berseliweran akhir-akhir ini. Berikut bocoran kriteria kabinet Prabowo jelang pelantikan presiden dan wakil presiden.

Lulusan SMA Taruna Nusantara

Adik kandung Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo membocorkan ciri-ciri menteri yang akan duduk di Kabinet Prabowo-Gibran. Hashim mengungkapkan akan ada empat lulusan SMA Taruna Nusantara yang akan masuk kabinet.

Meski begitu, Hashim enggan merinci siapa saja lulusan SMA Taruna Nusantara yang akan masuk kabinet Prabowo.

“Saya bisa katakan di Kabinet Prabowo sekarang ini ada beberapa alumnus SMA Taruna Nusantara yang jadi menteri. Saya sudah hitung dua, tiga, empat mungkin,” kata Hashim yang juga Ketua Dewan Pembina Forum Masyarakat Indonesia Emas.

Dari informasi berbagai sumber, terdapat empat lulusan SMA Taruna Nusantara yang digadang-gadang menjadi menteri Prabowo adalah Wakil Ketua Komisi I DPR sekaligus Wakil ketua Umum Gerindra Sugiono.

Selain itu, ada pula nama Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) DPP Partai Gerindra Prasetyo Hadi, dan Wakil Menteri Pertanian Sudaryono.

Prabowo akan bentuk zaken kabinet

Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo akan membentuk zaken kabinet jika sudah dilantik menjadi presiden. Zaken kabinet adalah susunan menteri yang berasal dari kalangan ahli dan bukan representasi partai politik tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: