Inilah Doa Rasulullah untuk Kesembuhan Orang Sakit

Salah satu ungkapan yang diutarakan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW kepada sahabatnya yang sakit adalah, agar sahabatnya tersebut tidak mengeluhkan takdir atau mencaci penyakit yang dialaminya.

Ilustrasi Sakit

Jakarta, EDITOR.ID,- Menjenguk orang yang sedang sakit banyak sekali keutamaannya. Allah akan memberikan pahala sangat besar kepada umat Nya yang mengunjungi sahabat, keluarga, tetangga yang sedang mengalami sakit. Dalam menjenguk orang sakit kita juga dianjurkan memberikan semangat kepada yang sedang sakit dan mendoakan atau memandu doa kepada yang sedang sakit.

Adab Jenguk Orang Sakit Beri Motivasi dan Hibur

Terdapat beberapa adab dalam menjenguk orang sakit. Selain kita mendoakan, kita juga dianjurkan untuk melakukan adab-adab dalam menjenguk orang sakit. Hal ini seperti dicontohkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Ketika menjenguk orang sakit, Rasulullah SAW memotivasi dan berusaha menghibur si sakit agar tetap tegar dan terus berharap kesembuhan dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Salah satu ungkapan yang diutarakan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW kepada sahabatnya yang sakit adalah, agar sahabatnya tersebut tidak mengeluhkan takdir atau mencaci penyakit yang dialaminya.

Dalam hal ini, Nabi Muhammad Rasulullah SAW pernah menegur Umm al-Musayyib yang saat itu mengalami demam (alhumma) dan dia mencaci penyakitnya itu. Rasulullah bersabda

لا تَسُبِّي الحُمَّى فَإنَّهَا تُذْهِبُ خَطَايَا بَنِي آدَمَ كَمَا يُذْهِبُ الكِيْرُ خَبَثَ الحَدِيدِ (رواه مسلم)

Artinya: “Janganlah engkau mencela demam, karena demam itu dapat menghilangkan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tukang besi menghilangkan kotoran dari besinya.” (HR Muslim, 6735).

Selain daripada itu, terdapat beberapa adab yang perlu diperhatikan ketika kita mengunjungi orang sakit, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Ikhlas Karena Allah

Hendaknya berniat secara ikhlas karena Allah SWT dan tidak memiliki maksud dan tujuan yang tercela ketika kita akan mengunjungi saudara kita atau teman kita yang sedang sakit, Adab ini sangat penting dilakukan mengingat masih banyak di kalangan sekitar kita yang menjenguk orang sakit tidak tulus berniat karena Allah Subhanahu wa ta’ala.

2. Mengucap Salam

Ketika akan memasuki ruangan yang digunakan oleh saudara atau teman kita yang sedang sakit, hendaknya kita mengucap salam. Sebagaimana diketahui, bahwa salam adalah doa untuk keselamatan orang yang diucapkan salam. Sehingga dengan mengucap salam itulah, secara tidak langsung kita telah mendoakan kesembuhan bagi saudara atau teman kita yang sedang sakit.

3. Membacakan Doa

Pada adab inilah yang penting dilakukan oleh kita yang sedang menjenguk saudara atau teman kita yang sedang sakit. Membacakan doa untuk kesembuhan orang sakit adalah adab yang memang perlu dilakukan supaya ikut dalam kebaikan yakni mendoakan untuk kesembuhan.

4. Berbicara dengan Nada Pelan

Ketika kita menjenguk orang sakit, setidaknya kita perlu membiasakan diri dalam berbicara dengan nada yang pelan. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu orang yang sedang sakit. Apalagi jika kita menjenguk orang sakit di rumah sakit, di mana di situ banyak orang sakit yang tidak boleh kita ganggu. Dengan berbicara dengan nada pelan, setidaknya orang yang tidak terganggu dengan kedatangan kita malah justruk menjadi motivasi baginya.

Doa Rasulullah untuk Kesembuhan Orang Sakit

Dendoakan orang sakit adalah hal penting yang bisa kita lakukan. Bahkan Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki doa yang sering diucapkan untuk kesembuhan orang sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: