Misteri Jatuhnya Lion Air JT 610 Setahun Lalu Terkuak

Terakhir, yang kesembilan beberapa peringatan, aktivasi MCAS yang terus berulang dan gangguan komunikasi dengan pihak Air Traffic Control tidak dapat dikelola secara efektif. Ini disebabkan oleh sulitnya situasi dan kurangnya penanganan manual, eksekusi Non-Normal Checklist (NCC)

NCC merupakan prosedur untuk memecahkan masalah – serta komunikasi awak pesawat, mengarah pada tidak efektifnya aplikasi Crew Resource Management yaitu metode koordinasi antarpilot yang dirancang untuk memperbaiki respons terhadap kesalahan dan mengurangi stres.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, angkat bicara mengenai hal ini. Menurutnya, semua pihak, termasuk KNKT sudah bekerja untuk mencari kebenaran. Karenanya dia meminta pengertian para keluarga korban.

“Jadi gini ya, kita ini memang mencari suatu kebenaran yang hakiki. Kedua kita mencari musyawarah,” ungkap Budi Karya di kantornya, Rabu (23/10/2019).

Dia mengapresiasi para pihak yang sudah legowo, dengan tidak menuntut ke ranah hukum. Namun, jika masih ada yang tidak terima, dia mempersilakan untuk melayangkan gugatan.

“Jadi KNKT memberikan pembelajaran, ini kan ada santunan diterima saja dua santunan itu,” ungkap Budi Karya tanpa mengelaborasi lebih lanjut santunan yang dimaksud.

Budi Karya bilang, jika pun keluarga menerima santunan tersebut, tidak menutup kemungkinan untuk melayangkan gugatan. Karenanya, dia ingin semuanya diselesaikan tanpa kegaduhan.

“Jadi kita yang cool tapi sistematis, detil. Jangan tidak mempelajari case-nya tapi teriak-teriak. Kita cool saja gitu, pelajari mana celah itu,” pungkasnya.

Pesawat jenis Boeing 737-8 Max yang dioperasikan Lion Air jatuh di Perairan Tanjung Karawang, 29 Oktober 2018. Seluruh penumpang termasuk awak pesawat, tak ada yang selamat atas insiden tersebut. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: