Isra Miraj Segera Tiba, Jangan Lupa Perbanyak Sholawat dan Doa Malam, Keutamaannya Luar Biasa!

ilustrasi

EDITOR.ID, Jakarta,- Peringatan Isra Miraj pada 27 Rajab konon akan jatuh pada 28 Februari 2022. Isra Miraj merupakan kisah sejarah spiritual di mana Nabi Muhammad SAW menuju langit ketujuh untuk menerima perintah sholat 5 waktu.

Dalam perjalanan singkat sehari semalam itu, Nabi Muhammad SAW ditunjukkan keagungan Allah SWT yang meliputi rahasia alam semesta sebagaimana yang tertera dalam ayat berikut.

?Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami,? (QS. Al-Isra? [17]: 1).

Peristiwa Isra Miraj ini mempunyai pelajaran penting bagi semua umat Islam, yaitu ditugaskannya Nabi Muhammad dan umatnya untuk mengerjakan shalat lima waktu guna mendekatkan diri kepada Allah SAW. Umat muslim dianjurkan untuk membaca doa malam 27 Rajab dan sholawat malam Isra Miraj.

Saat momen tersebut, jangan lupa berdoa dan memperbanyak sholawat. Nah sebentar lagi umat muslim akan memperingatinya. Berbagai doa dan Sholawat harus banyak diamalkan di hari tersebut.

Oleh karena itu dalam memperingati Isra Miraj tahun ini yang jatuh pada 28 Februari, kaum muslim dianjurkan memperbanyak doa dan bersholawat. Adapun doa dan sholawat malam Isra Miraj yakni sebagai berikut.

1. Sholawat Malam Isra Miraj

Alangkah baiknya jika peringatan Isra Miraj diisi dengan memperbanyak sholawat untuk mengingat Rasulullah. Ada berbagai sholawat yang bisa diamalkan oleh umat muslim.

2. Doa Isra Miraj

Menurut Imam Muhammad Bin Abdul Wahid An-Nazhifiy, jika membaca doa ini, Allah SWT akan mengabulkannya. Selain itu, orang yang membaca doa ini, maka kedudukannya akan diangkat dan ditenangkan hatinya.

?Siapa saja yang membaca doa ini pada malam 27 Rajab, akan Allah Taala ijabah segala doanya, diangkat kedudukannya dan dihidupkan hatinya dengan aneka kebaikan.”

Berikut ini doa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 H, dalam Bahasa Arab dan artinya:

???????? ?????? ?????????? ????????????? ????????? ??????????????? ??????????????? ??????? ????????? ????? ??????? ???????????????? ?????? ?????????? ???? ???????? ?????????? ???????????????? ???? ??????? ??????? ???????????? ?????????? ????????? ??? ???????? ???????????????.

“Allahumma inni as-aluka bi musyahadati israari al-muhibbin, wabilhalawatillati khash-shashasta biha sayyidil mursalin, hina asrarta bihi lailata as-sab’I wal ‘isyriina,anirham qalbiia al-haziin, tujibta da’wati, yaa-akramil akramiin”.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia para ahlul mahabbah dengan kemulian khalwat (pertemuan tersembunyi) yang hanya Engkau berikan kepada Nabi Muhammad pemimpin para Rasul ketika Engkau berikan kesempatan kepada beliau pada malam 27 Rajab, berikanlah hatiku yang sedang galau akan kasih sayang-Mu serta kabulkan doa-doaku, Wahai yang Maha memiliki kedermawanan.”

3. Berzikir

Menurut riwayat Abu Ayyub Al-Anshari, Rasulullah SAW pernah bercerita tentang peristiwa pertemuannya dengan Nabi Ibrahim pada saat Mi’raj.

Pada saat itu, Nabi Ibrahim mengajarkan zikir ini kepada Nabi Muhammad yang lafalnya dibaca sebagai berikut:

“Laa haula walaa quwwata illa billah”

Artinya: “Tidak ada daya (dalam menjauhi maksiat) dan tidak ada upaya (menjalankan ketaatan) melainkan dengan pertolongan Allah”

Zikir ini tidak dikhususkan saat Isra Miraj saja sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana telah dianjurkan oleh Nabi Ibrahim berikut ini.

“Perintahkanlah pada umatmu untuk membiasakan memperbanyak (bacaan zikir itu) yang nantinya akan menjadi tanaman surga, tanahnya begitu subur, juga lahannya begitu luas,” (H.R. Ahmad). (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: