Tangani Pasien Corona, Tenaga Medis RSUA Kekurangan Alat Pelindung Diri

Editor.ID – Surabaya, RS Universitas Airlangga (RSUA) menjadi salah satu rumah sakit rujukan penanganan Corona Virus Disease (Covid) 19 di Jawa Timur (Jatim). Dengan jumlah pasien yang terus bertambah, RSUA kini mulai kekurangan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

Ketua Satgas Corona RSUA Surabaya, Prastuti Asta Wulaningrum mengakui jika pihaknya kekurangan APD untuk menangani pasien Covid 19 yang tengah dirawat. “Seperti APD selalu habis. Kalau pemerintah bantu APD, ya Alhamdulillah,” kata Prastuti, Kamis (19/3/2020).

Ia mengungkapkan, APD yang dipunyai RSUA hanya dapat bertahan hingga dua hari. Sementara untuk pelindung mata dan masker N95 hanya cukup tiga hari. “Kami bisa bertahan sampai dua harian untuk penggunaan AD. Sementara untuk pelindung mata, masker N95 cukup untuk tiga hari,” ujarnya.

Prastuti meminta kerja sama dari rumah sakit lain terutama rumah sakit rujukan pemerintah untuk berbagi ilmu terkait penanganan pasien COVID-19. “Mungkin kita bisa membagikan ilmu selama menjalankan posco COVID-19 ini. Mereka mungkin bisa mengirimkan reagen untuk melihat bagaimana gejalanya. Misalnya rumah sakit lain saling sharing informasi,” harapnya.

Saat ini RSUA merawat beberapa pasien berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP). “Pasien ODP yang kami rawat ada satu orang, sementara yang PDP ada dua orang. Yang sudah pulang sekitar beberapa gelombang. Pertama ada 10 dan berkurang lagi,” pungkasnya. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: