Ternyata Peraih Adhi Makayasa Angkatan 1983 Anton Setiadji, Bukan Budi Gunawan

Empat lainnya, kata Prabowo, berasal dari TNI yakni Kepala BIN Herindra, Wakil Menteri Pertahanan Donny Ermawan Taufanto, Menteri Transmigrasi Iftitah Sulaiman, dan Menteri Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono.

Jenderal Pol Pur Budi Gunawan (Kiri) dan Irjen Pol Pur Anton Setiadji

Jakarta, EDITOR.ID,- Dihadapan para menteri, wamen, kepala badan, utusan khusus, Presiden Prabowo Subianto mengaku bangga memiliki enam sosok peraih Adhi Makayasa TNI-POLRI di jajaran Kabinet Merah Putih. Kebanggaan itu dilontarkan Presiden Prabowo Subianto saat acara Jamuan Santap Malam Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Kawasan Lembah Tidar, Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (26/10/2024).

“Di kabinet saya, terdiri juga dari beberapa alumni dan saya bersyukur, saya beruntung saya mendapat alumni yang terbaik yang masuk kabinet saya,” kata Prabowo, dikutip dari kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan untuk lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Kepolisian. Penerima penghargaan ini adalah mereka yang secara seimbang mampu memperlihatkan prestasi pada tiga aspek.

Di antaranya, akademis, jasmani, dan kepribadian atau mental. Penganugerahan penghargaan diberikan langsung oleh presiden atau yang mewakili. Gelar Adhi Makayasa hanya diraih oleh satu orang untuk setiap matra.

Presiden Prabowo membeberkan 6 peraih Adhi Makayasa di kabinetnya. Dua di antaranya dari kepolisian dan 4 dari TNI. Mereka pun diminta untuk berdiri.

Presiden Prabowo Subianto Saat Memberikan Pengarahan Dalam Pembekalan Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang, Jawa Tengah

“Dua dari kepolisian saya minta berdiri, dua duanya jenderal bintang empat dua duanya mencapai puncak karir sebagai Kapolri, dua duanya masih mengabdi kepada negara dan bangsa,” kata Prabowo.

Empat lainnya, kata Prabowo, berasal dari TNI yakni Kepala BIN Herindra, Wakil Menteri Pertahanan Donny Ermawan Taufanto, Menteri Transmigrasi Iftitah Sulaiman, dan Menteri Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono.

“Kemudian dari TNI empat juga saya minta berdiri.Empat Adhi Makayasa, Pak Herindra angkatan 87, Marsekal Madya Udara Donny Dermawan dari angkatan udara angkatan 98, kemudian Iftitah lulusan alumni 1999, kemudian Menteri koordinator infrastruktur saudara Agus Harimurti Yudhoyono,” kata Prabowo.

Berikut ini sosok menteri 6 peraih Adhi Makayasa di Kabinet Merah Putih:

Dua dari Polri Peraih Adhi Makayasa

1. Tito Karnavian

Tito Karnavian ditunjuk Prabowo Subianto menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Tito Karnavian mendapat gelar Adhi Makayasa dari Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1987. Jenderal bintang 4 ini tercatat menjabat sebagai Kapolri pada tahun 2016 hingga 2019.

Sepanjang kariernya, Tito Karnavian juga pernah menduduki posisi sebagai Kapolda Metro Jaya hingga Kepala BNPT. Jenderal Tito Karnavian resmi pensiun sebagai Pati Polri pada tahun 2019. Setelah purnatugas dari Polri, Tito diamanahkan oleh Presiden Joko Widodo untuk mengemban jabatan sebagai Mendagri sejak tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: