Siapa sosok Zarof Ricar? Produser Film “Sang Pengadil” dan Makelar Kasus

Film yang dibintangi Arifin Putra dan Prisia Nasution ini menceritakan sosok Jojo, seorang hakim muda berintegritas yang dipercaya untuk menangani kasus perdagangan manusia.

Poster Film "Sang Pengadil" dan Eks Pejabat MA Zarof Ricar Foto Kolase Instagram

Jakarta, EDITOR.ID,- Nama Zarof Ricar kini mengguncangkan dunia peradilan. Pensiunan petinggi Mahkamah Agung (MA) ini mengundang decak kagum publik. Ia memiliki harta fantastis nyaris satu Triliun atau tepatnya Rp 920 miliar. Ditambah emas murni lantakan seberat 51 kilo. Luar biasa! Sang pemilik harta mengaku uang sebanyak itu ia peroleh dari pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) atau bahasa sederhananya makelar kasus sejak 2012.

Praktek pemufakatan jahat Zarof Ricar membeli hukum para hakim akhirnya terbongkar dari kasus vonis bebas Ronald Tannur, sang terdakwa kasus pembunuhan. Zarof Ricar dititipi menjadi perantara atau makelar kasus agar Ronald tetap divonis bebas dalam kasasinya di Mahkamah Agung.

Sang pengadil atau hakim agung kasasi dapat Rp 5 miliar dan Zarof dapat fee atas jasanya menjadi penyalur uang ke hakim agung sebesar Rp 1 miliar.

Lantas siapakah sosok Zarof Ricar?

Profil dan Sosok Zarof Ricar

Sosok Dr Zarof Ricar SH, S.Sos, M.Hum merupakan mantan pejabat Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia (RI).

Zarof Ricar merupakan pria kelahiran Sumenep, 16 Januari 1962. Ia pensiun pada 2022 lalu. Jabatan terakhirnya yakni Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan, Pelatihan Hukum, dan Peradilan (Balitbang Diklat Kumdil) Mahkamah Agung (MA).

Selain itu, Zarof juga tercatat pernah menjabat sebagai Direktur Pranata dan Tata Laksana Perkara Pidana Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum MA. Kemudian, juga Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum MA.

Selain dikenal sebagai mantan pejabat MA RI, Zarof Ricar ternyata pernah menjadi pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2016-2020. Saat PSSI dipimpin Edy Rahmayadi, Zarof Ricar tercatat menjadi Wakil Ketua Komisi Etik pada Organ Yudisial di PSSI.

Pada 2022, pria kelahiran 16 Januari 1962 itu purna bakti sebagai pejabat Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung. Jabatannya resmi digantikan Bambang Hery Mulyono.

Sebelum purnabakti, Zarof Ricar sempat menjadi suksesor bagi MA hingga Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat capaian jumlah peserta pendidikan dan pelatihan aparatur terbanyak secara daring.

Pelaksanaan pelatihan itu dilakukan dalam kurun waktu 2 tahun dengan menghadirkan 30.371 peserta dan jumlah pemberian penghargaan kepada peserta terbanyak peraih prestasi terbaik hasil pelatihan.

Produseri Film Tentang Sosok Hakim Berintegritas

Tak hanya di bidang yudikatif, Zarof juga ternyata menjadi Executive Producer film “Sang Pengadil”. Film ini baru saja tayang di bioskop pada 24 Oktober 2024 kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: